News Ticker

Sekda MTB buka Workshop Peningkatan Mutu K13

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Piterson Rangkoratat membuka Workshop Peningkatan Mutu Kurikulum Tahun 2013 (K13).
Share it:
Sekda MTB, Piterson Rangkoratat membuka Workshop Peningkatan Mutu K13
Saumlaki, Dharapos.com
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Piterson Rangkoratat membuka Workshop Peningkatan Mutu Kurikulum Tahun 2013 (K13).

Workshop tersebut dilaksanakan oleh pengurus Yayasan Pembinaan Pendidikan Kristen (YPPK) Cabang Tanimbar Selatan (Tansel) bertempat di aula kantor Klasis Tansel, Selasa (17/7/2018).

Dalam sambutannya, Sekda menyatakan bahwa dalam rangka mewujudkan masyarakat MTB yang cerdas maka Pemerintah daerah setempat ke depannya secara bertahap akan membenahi masalah pendidikan.

Salah satunya dengan mengalokasikan sekurang-kurangnya 20 persen anggaran melalui APBD pada setiap tahun berjalan, sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang.

"Sejalan dengan itu maka kebijakan lainnya yang ditempuh yakni dengan melakukan pembenahan dan peningkatan kapasitas diri seorang guru. Yang dimaksudkan disini adalah setiap guru wajib memenuhi standar formal kualifikasi pendidikan yakni S1 (Strata Satu)," ungkapnya.

Sementara, untuk peningkatan kapasitas diri setiap tenaga guru wajib menguasai dengan baik syarat akademik maupun normatif yang harus diketahui oleh guru dalam rangka melakukan tugas-tugas dan proses belajar mengajar di sekolah.

Peserta Workshop K13
"Jika hal ini tidak dimiliki, maka praktis guru tidak akan bisa menerapkan materi pendidikan yang baik kepada anak didik," cetusnya.

Sekda berharap, kegiatan ini akan memberikan nilai tambah dalam rangka meningkatkan kinerja para guru sehingga dapat mengelola tugas dan fungsinya secara baik dan benar terutama para guru yang bertugas di sekolah-sekolah yang bernaung di bawah Yayasan DR. J. B. Sitanala Cabang Tanimbar Selatan.

"Berkaca pada masa lalu, masih banyak potret buruk yang terjadi dan perlu segera dibenahi karena belum menunjukkan kinerja yang baik dan terukur," tambahnya.

Ketua panitia kegiatan, Jon Lelmalaya dalam laporannya mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan pada jenjang SD, SMP dan SMA di lingkup YPPK DR J. B. Sitanala Cabang Tanimbar Selatan.

Kemudian, mempercepat ketersediaan layanan pendidikan yang bermutu serta menyeragamkan metode pembelajaran.

Menurutnya, kegiatan workshop ini akan dilaksanakan selama dua hari dan melibatkan peserta sebanyak 87 orang yang berasal dari SD, SMP dan SMA di lingkup YPPK DR. J. B. Sitanala Cabang Tanimbar Selatan dengan nara sumber antara lain Sekda MTB dan pemateri lainnya yang berasal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten MTB serta sejumlah guru SD, SMP dan SMA yang memiliki sertifikat sebagai instruktur.

(dp-18)

Share it:

Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi