Pemkab Kepulauan Tanimbar Bakal Tetapkan Batas Wilayah Administrasi Desa.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar dalam waktu dekat akan melakukan upaya percepatan penetapan batas administratif sejumlah desa di wilay
Share it:
Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar, Daniel E.Indey saat memberikan sambutan bersama Forkopimda, Rabu (10/8/2022).

Saumlaki, Dharapos.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar dalam waktu dekat akan melakukan upaya  percepatan penetapan batas administratif sejumlah desa di wilayah itu.

Penjabat Bupati, Daniel Eduard Indey menyatakan, bulan ini (Agustus, red) merupakan bulan rawan konflik batas wilayah petuanan tiap desa karena warga akan buka lahan baru untuk berkebun. 

Untuk menghindari tidak adanya konflik tersebut, pihaknya segera membentuk tim terpadu yang secara berjenjang melakukan edukasi dan sosialisasi di setiap desa dalam rangka penentuan batas wilayah administrasi desa.  

"Batas-batas desa mari kita selesaikan secara administrasi pemerintahan lebih awal sesuai dengan Peraturan Menteri 

Dalam Negeri nomor 45 tahun 2016. Kita akan turun ke kecamatan dan desa bersama BPN untuk sosialisasi batas-batas wilayah administrasi setiap desa. Karena kita mau buat profil desa se Kabupaten Kepulauan Tanimbar" kata Indey di Saumlaki, Rabu (10/8/2022).

Menurutnya, meskipun pemkab mempercepat proses penetapan batas wilayah administratif desa namun batas wilayah adat tetap dipertahankan karena negara mengakui hak ulayat.

Jika tidak ada batas administratif desa, maka secara otomatis dana desa juga akan dipertimbangkan kepada desa yang tidak punya batas wilayah administrasi pemerintahan.

"Mari para kades dan Camat, sebagai langkah awal ini kita tetapkan batas wilayah administrasi pemerintahan dulu. Masalah petuanan adat kita atur secara adat di desa internal masing-masing mulai secara bertahap dan berjenjang di natar desa dengan tokoh adat yang di fasilitas oleh kepala desa," katanya.

Indey juga meminta para Kades dan Camat untuk tetap mengawasi masyarakat yang membuka lahan untuk kebun baru agar tidak  terjadi kebakaran hutan dan terbukanya  ruang-ruang konflik.

Dia berharap, para Kades menjaga  kamtibmas mulai dari tingkat RT, RW, tingkat desa, kecamatan dan Kabupaten sehingga dalam penyelenggaraan Pemilu nanti,  Tanimbar tetap aman dan damai.


Pewarta : Novie Kotngoran

Share it:

Daerah

Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi