News Ticker

Momen Warga Muslim Pulang ke Weduar, Bupati Malra Sampaikan Harapannya

Setelah terpisah akibat pecahnya konflik pada 1999 lalu, warga Muslim yang menetap di Ohoi Weduar, Kecamatan Kei Besar Selatan, Kabupaten Maluku Tengg
Share it:

Bupati M. Thaher Hanubun juga dikukuhkan sebagai anak bongso keluarga besar Ohoi Weduar dengan gelar "Berenran Sadmas Kerbau"

Langgur, Dharapos.com
– Setelah terpisah akibat pecahnya konflik pada 1999 lalu, warga Muslim yang menetap di Ohoi Weduar, Kecamatan Kei Besar Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) terpaksa meninggalkan wilayah itu.

Namun kini setelah 23 tahun pergi, 12 KK atau kurang lebih 40 warga Muslim ini memutuskan kembali ke Ohoi Weduar untuk hidup berdampingan dengan saudara-saudara mereka yang beragama Kristen.

Menyambut kepulangan tersebut, digelar ritual adat dan doa bersama “Kembalinya Basudara Muslim Weduar di Ohoi Weduar”, Senin (17/7/2022)

Momen mengharukan tersebut dihadiri langsung Bupati setempat M. Thaher Hanubun yang juga hadir  sebagai Tokoh Rekonsiliasi Nuhu Evav.

Bupati Hanubun juga dikukuhkan sebagai anak bongso keluarga besar Ohoi Weduar dengan gelar "Berenran Sadmas Kerbau".

Bupati dikesempatan itu, menyampaikan harapannya.

“Saya berharap dengan kembalinya basudara Muslim ke Ohoi Weduar maka seluruh warga masyarakat bersatu dan bergandengan tangan bangun wilayah ini,” harapnya.

Bupati juga berpesan dengan kembalinya warga Muslim Ohoi Weduar ini maka semua hati bersatu serta tidak ada lagi mulut yang bengkok dan hati yang membenci.

“Karena adat itu tidak mempunyai agama dan didalam adat itu ada yang beragama Muslim, ada pula beragama Kristen sehingga kamu adalah aku dan aku adalah kamu,” pesannya.

Tak hanya itu, Bupat mengingatkan pula bahwa baik dan buruk atau benar dan salah itu selalu berdampingan.

“Baik pasti ada buruknya, benar pasti ada salahnya. Tetapi kita manusia harus sadar bahwa kita bisa menyadari kesalahan yang telah kita lakukan,” tegasnya mengingatkan.

Bupati tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Camat dan kepala Ohoi juga woma dan warga  masyarakat Weduar atas kesadarannya sehingga semua bisa kembali untuk hidup berdampingan.

(dp-52)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi