News Ticker

Setelah 23 Tahun Pergi, Warga Muslim Weduar Pulang Kembali ke Ohoinya

Share it:

Momen pulangnya warga Muslim Wduar kembali ke Ohoi Weduar, Kecamatan Kei Besar Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara, Senin (18/7/2022) 

Langgur, Dharapos.com
– Setelah terpisah akibat pecahnya konflik pada 1999 lalu, warga Muslim yang menetap di Ohoi Weduar, Kecamatan Kei Besar Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara terpaksa meninggalkan wilayah itu.

Namun kini setelah 23 tahun pergi, 12 KK atau kurang lebih 40 warga Muslim ini memutuskan kembali ke Ohoi Weduar untuk hidup berdampingan dengan saudara-saudara mereka yang beragama Kristen.

Menyambut kepulangan tersebut, digelar ritual adat dan doa bersama “Kembalinya Basudara Muslim Weduar di Ohoi Weduar”, Senin (18/7/2022)

Momen mengharukan tersebut dihadiri langsung Bupati setempat M. Thaher Hanubun yang juga hadir  sebagai Tokoh Rekonsiliasi Nuhu Evav.

Pantauan media ini, giat diawali dengan penyambutan basudara Muslim bersama Bupati M. Thaher Hanubun dan rombongan di depan Kampung Weduar dengan ritual adat Rinin (doa adat) dan dilanjutkan dengan penyematan syal.

Setelah diterima secara adat di depan Kampung, Bupati dan rombongan diantar ke depan Masjid dan mengikuti ritual penyembelian seekor kambing sebagai tanda kembalinya warga Muslim Weduar dan bertemu dengan basudara Kristen lainnya untuk menetap hidup bersama.

Di momen yang sama, juga dikukuhkan Bupati Malra M.Thaher Hanubun sebagai Berenran Sadmas Kerbau di Woma Sordadak Tenan Elken (Anak Laki-laki Bungsu) Ohoi Weduar.

Setelah itu, seluruh warga masyarakat baik Muslim maupun Kristen bersama rombongan Bupati menuju ke woma untuk mengikuti ritual adat ohoi setempat dan dilanjutkan dengan seremonial di Balai Ohoi.

(dp-52)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi