News Ticker

Kominfo Siap Dukung Disdik Sukseskan UNBK di Malra

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Maluku Tenggara (Malra), Antonius Urbanus Walken Raharusun mengatakan, pihaknya siap mendukung penuh pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2020, baik melalui sistem online maupun offline.
Share it:
Kepala Dinas Kominfo Malra, Antonius Urbanus Walken Raharusun
Langgur, Dharapos.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Maluku Tenggara (Malra), Antonius Urbanus Walken Raharusun mengatakan, pihaknya siap mendukung penuh pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2020, baik melalui sistem online maupun offline.

“Usai terima surat dari Kepala Dinas Pendidikan selaku instansi teknis pelaksana UNBK, kami langsung menggelar rapat internal dan telah menyetujui untuk melakukan survei pada beberapa lokasi sekolah,” akuinya di Langgur, Senin (10/2/2020).

Menurut Raharusun, pada wilayah Kei Kecil Timur hingga Kei Kecil Timur Selatan (dari desa Rumaat hingga Danar) ada beberapa sekolah yang melaksanakan UNBK dengan menggunakan sistem Offline karena belum ada jaringan internet.

“Memang di Danar itu ada warnet kecamatan, dan diharapkan dapat diberdayakan sehingga bisa membantu yakni ketika UNBK secara offline selesai maka hasinya dapat dikirim lewat warnet tersebut,” sambungnya.

Dijelaskan Raharusun, sesuai surat dari Disdik, pihaknya fokus di tiga kecamatan yakni Kei Kecil Timur (SMP Rumat dan SMP Tenbuk), Kei Kecil Timur Selatan (SMP Elar dan SMP Danar), sedangkan untuk wilayah Kei Kecil Barat (SMP Ohoidertutu dan SMP Ohoira).

“Dari hasil survei, ada dua sekolah yang siap melaksanakan secara online yakni SMP Ohoidertutu dan SMP Ohoira sedangkan sekolah lainnya masih offline,” tuturnya.

Sedangkan untuk wilayah Kei Besar, banyak lokasi (sekolah) yang belum tersentuh jaringan internet, sehingga diharapkan sekolah-sekolah yang melaksanakan ujian secara offline dapat bergabung pada sekolah yang melaksanakan ujian secara online.

Selain itu, untuk mendukung kelancaran pelaksanaan UNBK nanti, Kominfo Malra juga akan berkoordinasi dengan pihak PLN setempat terkait ketersediaan jaringan listrik.

“Dalam waktu dekat kami akan berkoordinasi dengan pihak PLN untuk menyiapkan ketersediaan jaringan listrik. Ini sangat penting, karena ketika listrik mati dan provider (tower) tidak bisa hidup, itu akan menggangu,” tandasnya.

Raharusun berharap, melalui kerjasama lintas sektoral maka permasalahan listrik dan jaringan internet segera ditindaklanjuti, sehingga UNBK akan berlangsung dengan baik dan lancar.

(dp-49)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi