Kades Terpilih Atubul Dol dan Arui Das Dilantik

Bupati Maluku Tenggara Barat, Petrus Fatlolon resmi melantik dua kepala desa terpilih di wilayah itu, Kamis (3/1/2019).
Share it:
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Kades terpilih Casianus Ngoranmele bertempat
di Balai Desa Atubul Dol, Kecamatan Wertamrian, Kamis (3/1/2019) pukul 10.18 Wit
Saumlaki, Dharapos.com – Bupati Maluku Tenggara Barat, Petrus Fatlolon resmi melantik dua kepala desa terpilih di wilayah itu, Kamis (3/1/2019).

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji pertama bertempat di Balai Desa Atubul Dol, Kecamatan Wertamrian, pukul 10.18 Wit terhadap Casianus Ngoranmele.

Ngoranmele menjabat sebagai Kades Atubul Dol selama periode 2018 – 2024 didasarkan pada Keputusan Bupati MTB Nomor: 141-593-Tahun 2018 tentang Pemberhentian Penjabat Kepala Desa Arui Das dan Pengangkatan Kepala Desa Atubul Dol.

Prosesi kedua, bertempat di Alun-Alun Desa Arui Das, Kecamatan Wertamrian, pada pukul 13.00.Wit. Fatlolon melantik Matheus Kandunmas selaku Kades periode 2018 - 2024 berdasarkan SK  Bupati MTB Nomor: 141-595-Tahun 2018 tentang Pemberhentian Penjabat Kepala Desa Arui Das dan Pengangkatan Kepala Desa Arui Das.

Sejumlah pejabat hadir dalam kedua momen tersebut diantaranya, Asisten Bidang Pemerintahan Setda MTB, Yohanis Batseran, S.Sos, para Staf Ahli Bupati, sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemda MTB, Kasat Intel Polres MTB, IPDA Jacob Uraplean dan tamu undangan serta masyarakat desa Atubul Dol maupun Arui Das.

Di Atubul Dol, Bupati Fatlolon dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah mendukung proses pemilihan hingga pelantikan kepala desa definitif berjalan dengan baik, lancar dan demokratis.

Lanjut Bupati, tahun ini Pemda telah menganggarkan dana untuk pembangunan jalan dan jembatan pada dua desa Atubul Da maupun Atubul Dol.

“Jalan yang dibangun adalah jalan hotmix, sehingga saya mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung program Pemda ini,” imbuhnya.

Bupati juga meminta kepada Kades Atubul Dol bersama desa tetangga untuk memperhatikan sumber air bersih yang ada, agar tetap dijaga, dilestarikan dan harus dikuasai oleh Pemda.

 Bertempat di Alun-Alun Desa Arui Das, Kecamatan Wertamrian, pada pukul 13.00.Wit, Bupati
Petrus Fatlolon juga melantik Matheus Kandunmas selaku Kades periode 2018 - 2024
“Jangan sampai ada warga yang masih menguasai lokasi sumber air. Maka itu, saya minta kepada kepala desa untuk mengalokasikan dana yang cukup dalam rangka melakukan pembebasan lahan di sekitar sumber air bersih,” cetusnya.

Bupati juga meminta Kades untuk memperhatikan seluruh ketentuan perundang-undangan yang terkait dengan penggunaan dana desa agar jangan sampai penggunaan dana desa tidak tepat sasaran dan bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku hingga akhirnya menjurus pada persoalan hukum.

“Saya juga minta masyarakat untuk memberikan dukungan penuh kepada pemerintahan yang baru serta tidak ada lagi pengkotak-kotakan tetapi saatnya seluruh warga Atubul Dol bersatu padu membangun desanya,” tukasnya.

Di Arui Das, Bupati juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak hingga proses Pilkades di wilayah tersebut berjalan dengan baik.

Bupati juga menyinggung soal angka kemiskinan yang cukup tinggi.

“Saya berharap agar melalui perencanaan pembangunan di desa bersama dengan Pemerintah kecamatan dan kabupaten, bersama-sama kita tekan angka kemiskinan yang cukup tinggi tadi,” harapnya.

Bupati juga merincikan sejumlah skala prioritas yang perlu dilakukan di 2019, diantaranya tentang pengadaan air bersih bagi warga di desa Arui Das maupun sejumlah langkah yang harus dilakukan terkait kepemilikan sumber air dimaksud sebagaimana juga diinstruksikan kepada Kades Atubul Dol.

“Juga mengenai masalah rumah layak huni yang ada di desa arui das dan listrik/penerangan serta infrastruktur lainnya yang akan direncanakan bersama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa,” sambungnya.

Secara keseluruhan prosesi pelantikan Kades terpilih di kedua desa tersebut berjalan aman dan lancar.

(dp-18)
Share it:

Maluku Tenggara Barat

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi