Paling Rukun di Indonesia, Kota Ambon sabet Harmony Award

Bersama 2 daerah lainnya masing-masing Kabupaten Bulungan dan Kota Yogyakarta, Kota Ambon menyabet Harmony Award dari Menteri Agama RI.
Share it:
Sejumlah pemuda Muslim ikut menjaga ibadah Natal di Gereja Silo.  kawasan Tugu Trikora,
Kota Ambon, Provinsi Maluku, Senin malam (24/12/2018) (Foto Kompas.com)
Ambon, Dharapos.com – Bersama 2 daerah lainnya masing-masing Kabupaten Bulungan dan Kota Yogyakarta, Kota Ambon menyabet Harmony Award dari Menteri Agama RI.

Ketiganya masuk dalam dalam kategori Kehidupan Keagamaan Paling Rukun di Indonesia untuk daerah tingkat II.

Sebagaimana rilis yang diterima Dharapos.com, Kamis (3/1/2019), Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin baru saja memberikan Harmony Award kepada enam kepala daerah dan enam pimpinan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). 

Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas sumbangsih dan kontribusi mereka dalam pembangunan kehidupan dan kerukunan umat beragama.

Harmony Award terbagi dalam dua kategori, yaitu Kehidupan Keagamaan Paling Rukun dan FKUB Berkinerja Terbaik. 

Kategori pertama diberikan kepada tiga Gubernur dan tiga Bupati/Wali Kota sementara kategori kedua untuk tiga FKUB Provinsi dan tiga FKUB Kabupaten/Kota.

Provinsi Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Timur dinilai sebagai tiga daerah dengan kehidupan keagamaan paling rukun. 

Untuk daerah tingkat II, terpilih Kabupaten Bulungan, Kota Ambon, dan Kota Yogyakarta.
Sementara FKUB Provinsi Aceh, DKI Jakarta, dan Kalimantan Barat, ketiganya dinilai sebagai FKUB berkinerja terbaik tingkat provinsi. 

Untuk tingkat Kabupaten/Kota, penghargaan kinerja terbaik diberikan untuk FKUB Kota Bekasi, Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Tasikmalaya.

“Saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, serta kepada semua instansi terkait, atas dukungan dan kerjasama lintas sektoral dalam pembangunan kehidupan beragama selama ini. Semoga kerjasama dan kebersamaan itu dapat semakin ditingkatkan di masa-masa mendatang,” ucap Menag saat memberikan sambutan selaku Inspektur Upacara di kantor Kementerian Agama di Jakarta, Kamis (3/1/2019).

Ia juga mengajak jajarannya untuk senantiasa menebarkan energi kebersamaan.

Harmony Award diberikan bersamaan dengan upacara Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama. 

Berdiri pada 3 Januari 1946, Kementerian Agama hari ini memperingati HAB ke-73. 

Upacara digelar di satuan kerja Kementerian Agama, pusat dan daerah dengan mengusung tema nasional “Jaga Kebersamaan Umat”. 

(Har)
Share it:

Nasional

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi