News Ticker

Tahun 2015, Program Kerja PDAM MTB Meningkat Hingga 90 Persen

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Maluku Tenggara Barat pekan kemarin melansir data capaian kerja dari seluruh pelaksanaan program kerja di tahun 2015, baik yang anggarannya bersumber dari APBN, APBD Provinsi Maluku, maupun APBD MTB.
Share it:
Adam Arnold Lewier
Saumlaki , Dharapos.com
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Maluku Tenggara Barat pekan kemarin melansir data capaian kerja dari seluruh pelaksanaan program kerja di tahun 2015, baik yang anggarannya bersumber dari APBN, APBD Provinsi Maluku, maupun APBD MTB.

Ditemui Dhara Pos di ruang kerjanya, Direktur PDAM Kabupaten MTB, Adam Arnold Lewier menjelaskan bahwa pihaknya merasa bersyukur oleh karena meskipun tak semua program kerjanya di tahun ini berhasil dikerjakan, namun tercatat ada lebih dari 90 persen total pekerjaan tersebut sudah selesai di kerjakan.

“Semua berjalan dengan baik dengan capaian 92 persen, dan tinggal beberapa item pekerjaan yang sementara dalam proses penyelesaian,” katanya.

Jika dilihat dari program-program pengembangan dan pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pihaknya dengan sumber dana dari APBN maupun APBD Provinsi dan APBD Kabupaten MTB, ternyata memberikan dampak positif.

Terlihat dengan bertambahnya total pelanggan PDAM yang semula ditargetkan mencapai  5.000 pelanggan di akhir tahun 2015 dari total 3.000 pelanggan di tahun kemarin, ternyata melebihi target, dimana pada akhir bulan ini, total pelanggan PDAM di daerah Kepulauan Tanimbar ini hampir mencapai 6.000.

“Untuk kota Saumlaki, target kita untuk tahun ini perlu ada penambahan pelanggan dengan berkisar sampai dengan 2.500 pelanggan dari 2.300 pelanggan di tahun kemarin, padahal sampai hari ini jumlah pelanggan kita sudah mencapai 2.700 pelanggan,” urainya lagi.

Lewier menambahkan bahwa tercapainya program-program ini bukan merupakan keberhasilan pihaknya semata, melainkan atas dukungan dan campur tangan semua pihak, seperti Pemerintah Pusat melalui Kementrian terkait, Pemerintah Provinsi Maluku dan DPRD, Pemerintah Kabupaten dan DPRD, serta dukungan masyarakat MTB, terlebih khusus para pelanggan PDAM.

Menyinggung soal pelayanan PDAM bagi masyarakat di pedesaan, pihaknya mengakui bahwa meskipun dari hitungan matematis, PDAM mengalami kerugian, oleh karena Operasional Cost nya meningkat, namun pihaknya tetap mengupayakan agar pelayanan PDAM dimasa mendatang, dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat di MTB.

Selain sejumlah desa di kecamatan Selaru dan kecamatan Wermaktian yang telah dijajaki dan sudah ada pembangunan meskipun secara bertahap.

Saat ini, pihaknya sementara menyiapkan proses peresmian PDAM unit desa Waturu di kecamatan Nirunmas untuk nantinya diresmikan pada awal tahun 2016.

Sejumlah program kerja yang sudah dilaksanakan di tahun ini antara lain  pemasangan jaringan – jaringan perpipaan yang didanai oleh APBN adalah di desa Werain dan Fursui di kecamatan Selaru, pemasangan pembangkit listrik tenaga surya untuk mesin pompa air di desa Makatian kecamatan Wermaktian dan di desa Kandar kecamatan Selaru.

Sementara itu, sejumlah program kerja yang dananya bersumber dari APBD provinsi Maluku yang telah rampung dilaksanakan adalah pemasangan pompa air untuk mata air yang melayani masyarakat kota Saumlaki, Olilit raya dan Sifnana, pemasangan sambungan rumah untuk 116 pelanggan di kota Saumlaki, Rehabilitasi jaringan perpipaan dan dua unit mesin pompa air, maupun pemasangan sambungan air untuk 90 pelanggan di sejumlah desa pada pulau Seira kecamatan Wermaktian.

Kemudian, penambahan pemasangan sambungan air bersih untuk 125 pelanggan di desa Makatian kecamatan Wermaktian, serta pemasangan 116 sambungan di desa Waturu kecamatan Nirunmas yang siap diresmikan awal tahun 2016.

(dp-18)
Share it:

Ekonomi dan Bisnis

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi