News Ticker

KRI Bima Suci Kembali Kunjungi Kepulauan Kei, Ini Kali Ketiga

Bertempat di Dermaga R.E Martadinata Lanal Tual, Selasa (16/8/2022) dilaksanakan kegiatan Merflug Kedatangan dan Penyambutan KRI Bima Suci-945.
Share it:

Foto bersama seusai penyambutan KRI Bima Suci-945, bertempat di Dermaga R.E Martadinata Lanal Tual, Selasa (16/8/2022) 

Tual, Dharapos.com
- Bertempat di Dermaga R.E Martadinata Lanal Tual, Selasa (16/8/2022) dilaksanakan kegiatan Merflug Kedatangan dan Penyambutan KRI Bima Suci-945.

Kedatangan KRI Bima Suci dalam rangka Kartika Jala Krida (KJK) Taruna/i Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan ke 69 Tahun 2022.

KRI Bima Suci dikomandani Letkol Laut (P) M. Sati Lubis , S.T., M.Sc.

Adapun ABK dan yang On board di KRI Bima Suci-945 : Palaklat Letkol Laut (P) Ahmad Fahribi, S.E., M.M beserta 13 Staf serta Satlat ABK KRI Bima Suci-945 : 95 Personel

Total peserta Latihan Taruna/i AAL Tingkat lll Angkatan ke 69 Tahun 2022 sebanyak 102 terdiri dari Korps Pelaut 49 personel, Korps Teknik (17), Korps Elektro (19) dan Korps Suplay (17).

Sejumlah pejabat daerah hadir dalam kegiatan menyambut kedatangan KRI Bima Suci Merflug diantaranya, Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun M.Si, Wakil Walikota Tual Usman Tamnge S.E, dan Ketua DPRD Kota Tual Sarifudin Borut, S.E.

Kemudian sejumlah petinggi TNI – Polri diantaranya Danlanal Tual Kolonel Laut (P) Indra Dharma, SE. M.Tr. Hanla, Dandim 1503/Tual Letkol Inf. Arfa Yudha Prasetya, Danlanud D Dumatubun Langgur Letkol. Pnb. Ruli Surya Prihanto S, Kapolres Malra AKBP Frans Duma, Kapolres Tual AKBP Prayudha Widiatmoko, S.I.K serta Kepala Pengadilan Negeri Tual Rosyadi SH, M.H.

Pantauan lapangan, setelah kapal tiba di dermaga AL Tual, peserta Latihan Taruna/i AAL Tingkat lll Angkatan 69 Tahun 2022 melaksanakan Parade Roll dan Penghormatan di KRI Bima Suci-945.

Penyambutan secara adat dari Raja Tuvle Tual Jafar Tamher S.E, Danlanal Tual beserta Ibu, Forkopimda Tual dan Maluku Tenggara, diawali dengan Percikan Air Adat Rinin, Pengalungan Selendang Ulos, serta disambut dengan tarian adat Tual kepada Dansatgas, Palaklat, serta perwakilan Peserta Latihan Kartika Jala Krida (KJK) Taruna/i AAL Tingkat lll Angkatan 69 Tahun 2022.

Bupati Hanubun dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada KRI Bima Suci-945 beserta Taruna/i Satgas KJK di tanah Larvul Ngabal kepulauan Kei Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

“Kepulauan Kei merupakan daerah yang strategis dan bersejarah, yang mana berada di perbatasan langsung dengan Australia. Dan Kepulauan Kei juga memiliki sejarah yang biasa kita dengar kisah pertempuran Laut Aru,” urainya.

Bupati pada kesempatan itu meminta kesediaan Danlanal agar para taruna dan taruni diajak jalan-jalan ke tempat-tempat wisata di kedua wilayah.

"Kepulauan Kei memiliki destinasi wisata kurang lebih 100 lokasi yang sangat indah. Salah satunya pasir terhalus di dunia juga ada disini. Jadi saya minta kepada Danlanal Tual agar bisa mengajak adik-adik Taruna/i untuk mengunjungi lokasi tersebut," pintanya.

Sementara, Danlanal dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas diplomasi AL ada pada dua kapal yaitu MTF Lebanon dan KRI Bima Suci-945 dalam rangka Satgas Kartika Jala Krida (KJK)

Danlanal mengaku siap melaksanakan arahan dari Bupati Malra agar para Taruna/i diikut sertakan pada upacara HUT RI ke 77 serta kunjungan ke berbagai lokasi wisata di kedua daerah.

Komandan KRI Bima Suci-945  dalam sambutannya menyatakan akan mendukung kegiatan HUT RI ke 77 di Malra dan kota Tual.

Juga akan dilaksanakan open ship untuk masyarakat umum serta kegiatan kirab, dan Cocktail Party.

Dan pada tanggal 19 Agustus nanti KRI Bima Suci-945 akan melanjutkan pelayaran menuju Australia.

“Olehnya itu, kami atas nama Satgas Kartika Jala Krida (KJK) mohon ijin kepada Forkopimda beserta seluruh masyarakat Kepulauan Kei untuk kami singgah disini beberapa hari kedepan,” pintanya.

Para tamu undangan juga lakukan sesi foto bersama di KRI Bima Suci-945.

Disaat yang sama, Bupati Malra beserta Ibu, Wakil Wali Kota beserta ibu serta jajaran Forkopimda dua daerah “On Board” di KRI Bima Suci-945.

Seluruh rangkaian kegiatan dilaporkan berjalan dengan aman dan lancar hingga selesai.

(dp-52)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi