News Ticker

Kelompok Keilmuan Ekologi SITH – ITB Kunjungi Malra

Tim Kelompok Keilmuan Ekologi Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Institut Teknologi Bandung (ITB) mengunjungi Kabupaten Maluku Tenggara (Malra
Share it:

Momen pertemuan Kepala Dinas Perikanan Malra saat menerima kunjungan Kelompok Keilmuan Ekologi SITH - ITB, Kamis (28/7/2022)

Langgur, Dharapos.com
- Tim Kelompok Keilmuan Ekologi Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Institut Teknologi Bandung (ITB) mengunjungi Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan sosialisasi terkait sistem pembacaan Pemanfaatan Data  IoT (Internet of Things) sekaligus memberikan bantuan bibit rumput laut.

Kedatangan tim ini diterima Kepala Dinas Perikanan Maluku Tenggara Nicodemus Ubro, Kamis (28/7/2022).

Ketua Kelompok Keilmuan Ekologi SITH - ITB Prof. Dr. Tati Suryati Syamsudin, MS, DEA menjelaskan kehadirannya bersama tim di Kabupaten Malra untuk kepentingan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Bottom Up Pemanfaatan Data  IoT yang diadakan Bakti Kominfo di Ohoi Sathean dan Arso dan penerapan budidaya rumput laut.

“Kehadiran kami ini akan mensosialisasikan sistem pembacaan Pemanfaatan Data  IoT  serta memberikan bantuan bibit rumput laut kepada petani rumput laut. Walaupun sedikit namun semoga bermanfaan bagi masyarakat khususnya di desa penerima yaitu Sathean dan Arso,” ungkapnya.

Prof Tati mengakui kemitraan pihaknya dengan Pemerintah Kabupaten Malra selama ini telah terjalin sangat baik.

Sementara itu, dalam kunjungan tersebut, tim ITB mengantar salah satu mahasiswa Program Srata-1 (S-1) SITH untuk melakukan penelitian rumput laut di Kabupaten Malra selama satu bulan.

Termasuk pula, mengamati perkembangan bibit bantuan tersebut sehingga benar-benar mengetahui keberadaan dan pengembangannya.

Kaitannya dengan itu, Prof. Tati memastikan bahwa proses penelitian permasalahan rumput laut akan terus dilakukan sehingga dapat menghasilkan sebuah data analisis masalah budidaya rumput laut di Kabupaten Maluku Tenggara maupun data riset pengetahuan rumput laut.

“Kegiatan ini bagian dari kemitraan kami dengan Dinas Kominfo dari sisi peralatan teknologi sedangkan budidaya di Dinas Perikanan,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Ubro menyampaikan ucapan terima kasih karena selama ini ITB sudah menunjukkan kepeduliannya kepada Kabupaten Malra khususnya di sektor komoditi rumput laut hingga saat ini melalui bantuan bibit rumput laut yang langsung dikirim dari Provinsi Lampung.

“Kami berharap, semoga kemitraan yang sudah dibangun ini tetap terjalin untuk pengembangan sektor perikanan ataupun sektor lain demi kemajuan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara,” harapnya.

(dp-52)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi