Wartawan Maluku Dilatih Teknik Menulis Straight News

Salah satu pengajar Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) Lestyanta R. Baskoro memberikan materi tentang menulis straight news yang benar, memikat dan asyik
Share it:

Giat pelatihan menulis straight news yang benar melalui webinar, Kamis (19/11/2020)
Saumlaki, Dharapos.com - Salah satu pengajar Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) Lestyanta R. Baskoro memberikan materi tentang menulis straight news yang benar, memikat dan asyik kepada lebih dari sepuluh orang wartawan Tanimbar dan Ambon, Kamis (19/11/2020).

Kegiatan melalui webinar ini difasilitasi oleh Satuan Kerja Khusus (SKK) Minyak dan gas bumi (Migas) wilayah Papua dan Maluku (Pamalu) bersama Inpex Masela dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

"Pakai bahasa Indonesia yang baik dan benar antara lima, enam sampai tujuh alinea dengan lima kalimat yang pendek-pendek," terang Baskoro dalam pemaparan materinya.

Dikatakan, tulisan yang jelek di media mencerminkan wartawan itu sendiri.

"Judul jangan bombastis dan tidak berbohong. Wartawan yang berbohong itu tidak layak jadi wartawan," tegasnya.

Baskoro juga menekankan fungsi media yaitu memberikan pendidikan ke publik dengan wawasan, pengetahuan dan kebijakan. Serta harus membela kepentingan publik dengan cara mengawasi, termasuk menjadi clearing house atau menceritakan yang sebenarnya.

Selain materi yang dipaparkan oleh Baskoro, webinar itu juga mengikutsertakan dua pemateri lainnya yakni Maria Diana Andrian yang membawakan materi tentang liputan perjalanan pariwisata dan fotografer senior Oscar Motuloh dengan materi fotografi.

(dp-47)

Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi