News Ticker

Ny. Fatlolon Lantik 9 Bunda PAUD di Kepulauan Tanimbar

Bunda PAUD Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) Ny. Joice Marthina Fatlolon melantik 9 Bunda Paud Kecamatan di wilayah itu.
Share it:
Foto bersama Bupati Petrus Fatlolon usai pengukuhan 9 Bunda PAUD Kecamatan se - KKT 
Saumlaki, Dharapos.com - Ny. Joice Marthina Fatlolon melantik 9 Bunda PAUD Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).

Prosesi pelantikan berlangsung saat kegiatan Apresiasi Bunda PAUD KKT dan pengukuhan Bunda Paud kecamatan se - KKT tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat di gedung kesenian Saumlaki, Selasa (1/10/2019).

Kesembilan Bunda PAUD yang dikukuhkan tersebut adalah Ny. Andjela Emanratu sebagai Bunda PAUD Kecamatan Selaru, Ny. Joice Sainuka (Kecamatan Wuarlabobar), Ny. H. Laisina (Kecamatan Wermaktian), dan Ny. Bibiana Fenanlampir (Kecamatan Wertamrian).

Kemudian, Ny. Elisabeth Serang sebagai Bunda PAUD Kecamatan Fordata, Ny. Fely Sabono (Kecamatan Nirunmas), Ny. S. Lambiombir (Kecamatan Kormomolin), Ny. Maria Desa (Kecamatan Molu Maru) serta Ny. Welma R. Sabono (Kecamatan Tanimbar Utara).

Selanjutnya, para istri Camat ini yang akan mengukuhkan Bunda PAUD  di tingkat desa.

Joice Fatlolon yang baru dikukuhkan sebagai Bunda Paud KKT pada Agustus lalu, pada kesempatan itu menyatakan, PAUD merupakan upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun.

Prosesnya melalui pembinaan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

“PAUD memiliki peran yang strategis dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia, secara khusus di Bumi Duan Lolat ini dan sebagai wadah untuk memaksimalkan pencapaian tumbuh kembang anak, sehingga kelak mereka akan menjadi modal pembangunan yang berdaya saing tinggi,” terangnya.

Untuk itu, kepada Bunda PAUD kecamatan dan desa, Joice berharap agar mampu aktif terlibat dalam mendorong dan mengembangkan layanan yang terintegrasi dan melibatkan seluruh unsur stakeholder di kecamatan masing-masing.

Dengan tetap mengacu kepada visi dan misi  Bupati Tanimbar, Petrus Fatlolon dan wakilnya Agustinus Utuwaly, guna mewujudkan masyarakat Kepulauan Tanimbar yang sehat, cerdas, berwibawa dan mandiri.

“Saya ucapkan apresiasi atas jasa dan pengabdian ibu-ibu dalam mengembangkan PAUD yang berkualitas dan unggul. Ayo saatnya kita bergandeng tangan dalam menyiapkan program layanan yang unggul dan kreatif menuju Tanimbar yang cerdas,” harapnya.

Ny. Joice berharap agar para Bunda PAUD yang baru dilantik, dapat aktif mengunjungi setiap desa dalam rangka melihat setiap masalah yang dialami seperti akses belajar mengajar, fasilitas, sarana prasarana serta data Dapodik.

Masalah lain yang akan menjadi perhatian pihaknya dalam mengkomunikasikan dengan Pemerintah Daerah adalah jumlah tenaga pengajar dan murid yang tidak sebanding dengan jumlah murid.

Diketahui ada 131 PAUD dengan jumlah murid 4.727 dimana jumlah guru PAUD yang berstatus PNS sebanyak 38 orang, 8 orang tenaga kontrak daerah dan 21 orang tenaga honor lepas.

Selain itu, baru saja terdata 600 ratusan murid yang menerima Bantuan Operasional Paud (BOP) karena belum seluruh data murid PAUD dimasukan dalam sistem.

(dp-47)
Share it:

Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi