News Ticker

Ekspose 4 Tahun BTM-ALAM, Sekda Ajak Masyarakat Turut Hadir

Ekspose 4 tahun kepemimpinan Dr,. Benhur Tomi Mano dan Dr. H. Nuralam , SE, M.Si sebagai Walikota dan Wakil Walikota Jayapura atau yang dikenal dengan sebutan BTM-ALAM akan digelarkan Selasa (28/7) pukul 09.00 WIT.
Share it:
R. D. Siahaya, SH, MH
Jayapura, Dharapos.com
Ekspose 4 tahun kepemimpinan Dr,. Benhur Tomi Mano dan Dr. H. Nuralam , SE, M.Si sebagai Walikota dan Wakil Walikota Jayapura atau yang dikenal dengan sebutan BTM-ALAM akan digelarkan Selasa (28/7) pukul 09.00 WIT.

Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat mengikuti dan memahami sejauh mana perkembangan pembangunan di kota Jayapura.

Dengan demikian diharapkan kepada seluruh masyarakat kota Jayapura agar dapat menghadiri acara tersebut.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kota Jayapura, R. D. Siahaya, SH, MM kepada Dharapos.com di ruang kerjanya, Senin (27/7).

“Kehadiran masyarakat kota Jayapura diharapkan agar dapat berkomunikasi langsung dengan Walikota Jayapura dan Wakil walikota Jayapura. Dalam berkomunikasi tersebut mungkin ada usul, saran atau masukan yang akan disampaikan kepada BTM-ALAM, apakah mungkin terkait apa yang belum dapat dilakukan keduanya sehingga pada ekspose tersebut merupakan momen yang tepat karena pada cara tersebut semua unsur masyarakat dilibatkan,” terangnya.

Lanjut Siahaya,Selaku Sekda kota Jayapura, dirinya mengikuti kepemimpinan tahun I,II,III dan tahun ke IV maka dari sisi penyelenggaraan tata pemerintahan semuanya berjalan sangat baik.

“Bagaimana tidak, Walikota selaku seorang pamong tulen yang didampingi H. Nuralam sangat paham dalam mengatur sebuah pemerintahan,” lanjutnya.

Dari sisi kreasi, kreatif, semangat dan komitmen dari tahun I,II sudah mulai ada lompatan sehingga kota Jayapura mulai berubah. Muai dari belum adanya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya bahkan ada kantong-kantong kota yang agak kumuh mulai ditertibkan.

“Dulunya tidak ada ruang terbuka hijau namun  saat BTM-ALAM berumur dua tahun kepemimpinan dibuatlah ruang terbuka hijau, sehingga tahun ke III dan tahun ke IV nampaklah penataan kota yang mengarah pada kota yang bersih, indah, aman dan nyaman, serta menjaga lingkungan agar kota Jayapura menjadi hijau, termasuk sekolah-sekolah,” urainya.

Keberhasilan khususnya dalam melestarikan lingkungan ini merupakan pengakuan Kementrian Lingkungan Hidup RI yang telah memberikan penghargaan Adiwiyata Nasional bagi sekolah Adiwiyata, dan Adipura kepada kota Jayapura yang berhasil menciptakan kebersihan di seluruh wilayah kota.

Selain itu lanjut Mantan Sekwan DPRD Kota Jayapura ini, BTM-ALAM juga telah melakukan penataan administrasi pemerintahan dengan baik hal Ini juga merupakan pengakuan lembaga yang mempunyai kewenangan untuk itu.

Pelayanan kepada masyarakat yang diakukan BTM-ALAM kata Siahaya juga dilakukan secara cepat,
tepat, murah dan berkualitas.

Salah satunya adalah Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil kota Jayapura berhasil memberikan akta gratis kepada anak yang baru lahir, e-KTP, bahkan nikah massal secara gratis. Selain itu juga pelayanan perizinan tidak berbelit dengan dibentuknya badan baru yakni BPTSP.

Disamping itu, bagaimana untuk mendorong agar PAD kota Jayapura meningkat, sehingga dilakukan juga pembayaran pajak secara online.

“Program lain yang didorong BTM-ALAM yakni sektor pendidikan sehingga dari tahun ke tahun tingkat kelulusan terus meningkat, program afermativ action dalam rangka pertanggungjawaban otsus kepada putra-putri Port Numbay yang menyekolahkan mereka ke luar negeri, UKSW. Sementara sektor kesehatan didorong juga untuk memberikan bantuan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan ibu melahirkan. Hal Ini merupakan komitmen nyata dengan mendekatkan  pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu juga, tambah Siahaya, target yang telah direncanakan dalam RPJM Kota Jayapura tahun 2012-2016 sebagian besar sudah tercapai.

Salah satu contoh tercapainya PAD yang mana di tahun 2015 ditargetkan mencapai Rp 100 Milyar namun di tahun 2013 telah mencapai nilai tersebut dan hingga bulan Juni lalu telah mencapai Rp 120 Miliar.

“Target 2015 oleh BTM-ALAM, APBD mencapai 1 triliun namun di tahun 2013 telah mencapai itu dan sampai tahun ini telah mencapai 1 triliun 200 juta rupiah,” tambahnya.

Dalam memberikan keamanan kepada warga kota pun, sambung Siahaya, BTM-ALAM juga telah merangkul Polres kota Jayapura dan Kodim 1701 untuk sama-sama menjaga dan memberikan keamanan bagi warga kota Jayapura.

“Sehingga mereka disebut Tiga Tungku, dalam memberikan rasa aman bagi warga kota jayapura,” cetusnya.

(Harlet)
Share it:

PAPUA

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi