News Ticker

Jelang HUT Kota, Warga RW. VII Argapura Dapat Air Bersih

Dalam rangka Hari Ulang Tahun kota Jayapura yang ke 105 tahun, Pemerintah kota bekerja sama dengan PDAM kota Jayapura melaksanakan penyambungan air bagi warga RW. VII kelurahan Argapura secara gratis.
Share it:
Walikota saat membuka kran air
Jayapura, Dharapos.com 
Dalam rangka Hari Ulang Tahun kota Jayapura yang ke 105 tahun, Pemerintah kota bekerja sama dengan PDAM kota Jayapura melaksanakan penyambungan air bagi warga RW. VII kelurahan Argapura secara gratis.

Penyambungan tersebut merupakan wujud dari apa yang menjadi program prioritas Pemkot di bawah kepemimpinan Mano - Alam.

Perlu diketahui, selama ini masyarakat RW VII sangat kesulitan untuk mendapatkan air bersih karena pemukiman mereka di daerah berbukit.

Namun, upaya terus dilakukan Pemkot yang bekerja sama dengan PDAM sehingga pada bulan ketiga tahun 2015 ini, warga di kawasan tersebut mendapatkan kado istimewa sebagai jawaban atas apa yang di harapkan selama ini.


Walikota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano, MM kepada wartawan mengatakan Pemkot menyiapkan 105 penyambungan dan PDAM menambah menjadi 175 penyambungan dan itu merupakan sumbangan dari PDAM bagi warga RW. VII kelurahan Argapura dalam rangka HUT kota Jayapura yang ke 105 tahun.

“Untuk itu, kepada warga masyarakat, dengan adanya penyambungan ini maka harus terus melakukan koordinasi dengan PDAM terkait apa yang akan menjadi kewajiban masyarakat nantinya,” himbaunya.

Hal ini, ungkap Walikota, merupakan wujud pelayanan Pemkot melalui program yang pro rakyat yang dilakukan di tahun 2015 dan 2016 dan salah satunya adalah program air bersih.

“Walau usulan dari beberapa warga ada yang belum tersambung namun Pemkot dan PDAM akan terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan warga. Selain itu akan dibuat juga dua buah bak penampungan untuk menyuplai air ke rumah warga,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur PDAM kota Jayapura, Abdul M. Petonengan menambahkan untuk biaya pemasangan sambungan air reguler Rp. 1.760.000,- per sambungan.

“Namun dalam rangka HUT kota Jayapura, karena jumlah warga yang harus dipasangkan air tersebut sebanyak 175 sehingga akan dipasangkan semua agar tidak menjadi masalah. Dengan demikian 70 sambungan tersebut merupakan kado dari PDAM bagi warga,” cetusnya.

Ditambahkan, untuk 105 sambungan tersebut Pemkot menyertakan modal kepada PDAM untuk tahun anggaran 2015. Sementara total kebutuhan yang harus diselesaikan PDAM bagi rumah tangga sangat banyak.

Lebih lanjut, jelas dia, untuk pemasangan baru, ada tiga persyaratan yang harus dipenuhi yakni tekanan air harus 0,2 atm atau meter, sudah ada jaringan pipa distribusi dan jam pelayanan minimal 12 jam per hari.
“Apabila satu syarat saja belum terpenuhi maka di tolak sebagai daftar tunggu," tegas Petonengan.

Peresmian tersebut ditandai dengan pemutaran kran air oleh Walikota bagi warga RW. VII Kelurahan Argapura yang disaksikan oleh Direktur PDAM dan masyarakat.           
 
(Harlet)
Share it:

PAPUA

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi