News Ticker

Perahu Terbalik Di Timika, 3 Orang Hilang

Akibat cuaca buruk beberapa minggu terakhir ini, Perahu batang yang diperkirakan mengangkut 5 orang terdiri dari 1 orang motoris dan 4 penumpang mengalami kecelakaan laut.
Share it:
Ilustrasi korban tenggelam
Papua, Dharapos.com
Akibat cuaca buruk beberapa minggu terakhir ini, Perahu batang yang diperkirakan mengangkut 5 orang terdiri dari 1 orang motoris dan 4 penumpang mengalami kecelakaan laut.

Perahu tersebut terbalik di Sungai Migiwiya, Distrik Mimika Barat saat berangkat dari Kokonao menuju Mimika, Sabtu (24/1).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Patrige Renwarin, SH M.Si menyampaikan sebelum meninggalkan Kokonao sekitar pukul 06.30 Wit, masyarakat sekitar dermaga sudah memberitahukan bahwa cuaca buruk dan sebaiknya tunda saja keberangkatan, namun Ambrosius Warta (motoris) tetap melanjutkan perjalanan menuju Timika melewati sungai Migiwiya.

“Diperkirakan perahu batang yang mengangkut 5 orang yang terdiri dari 1 Motoris dan 4 penumpang tersebut akan keluar muara sungai Migiwiya menuju laut sebagai rute cepat menuju Timika, namun saat keluar muara perahu tersebut terhempas ombak atau arus laut sehingga oleng dan akhirnya terbalik,” ungkapnya dalam rilis kepada media ini, Sabtu (24/1).

Dijelaskannya, tim Rescue Sar Timika masih dalam proses evakuasi serta pencarian korban terbaliknya perahu batang yang membawa 5 orang penumpang itu dan berdasarkan informasi rute pencarian dimulai dari arah (Amamapare – Kokonao – Sungai Migiwiya). Dimana titik koordinat terbaliknya Perahu batang tersebut adalah: 04° 43° 00° S / 136° 48° 00° E.

Dalam proses pencarian 5 orang korban yang terbalik dengan Perahu Batang di sungai Migiwiya, tim SAR Timika berhasil menemukan 2 orang korban sementara 3 orang lain masih dalam proses pencarian.

Ambrosius Warta (Motoris) ditemukan dalam keadaan selamat sementara telah diamankan di Kantor Polsek Mimika Barat (Kokonao).

Kemudian Kristin (suku Timor) ditemukan dalam keadaan sudah meninggal dunia sementara jenazahnya telah disemayamkan di Puskesmas Kokonao yang rencana akan dibawa ke Timika namun waktunya belum bisa ditentukan karena masih tergantung cuaca.

“Sementara Dogopia (suku Paniai), Yuni (suku Timor), Santi (suku Timor) sementara masih dalam pencarian,”ungkapnya.

Kabid Humas menuturkan, proses pencarian korban insiden terbaliknya perahu batang di sungai Migiwiya, Distrik Mimika Barat itu berawal setelah ada masyarakat yang melaporkan kejadian tersebut kepada Kasat Polair Mimika, IPTU. Adam Abdullah. Selanjutnya di informasikan kepada Kepala SAR Timika, Joko Sungkowo, pada hari Sabtu 24 Januari 2015 sekitar pukul 12.07 Wit. Dan pihak SAR langsung mengirimkan tim Rescue di TKP.

“Jadi, Pukul 12.07 Wit kejadian tersebut diketahui Kasat Polair Iptu Adam Abdullah dari masyarakat dan selanjutnya menginformasikan kepada Ka SAR Timika (Via Handphone) untuk merespon dan mengirimkan Tim Rescue menuju TKP,”katanya.

Dalam rilisnya, Kabid Humas menjelaskan, Pukul 12.45 Wit, Tim Rescue meninggalkan Kantor SAR Timika menuju Pomako untuk mempersiapkan perahu. Kemudian Pukul 13.30 Wit, Tim Rescue SAR Timika tiba di Pomako selanjutnya menuju ke TKP dengan menggunakan perahu ukuran 12 meter sebanyak 10 orang dipimpin Kasi Ops SAR Timika, Kapten SAR Hendra Salawaney, S.Pi.

Pukul 14.35 Wit, Keluarga korban mendatangi Kantor Sar Timika untuk meminta informasi perkembangan terkait Insiden terbaliknya perahu batang yang ditumpangi keluarga, dan piket Jaga
Kantor Sar Timika menyampaikan bahwa agar keluarga bersabar menunggu kabar terbaru, sebab Tim Rescue sementara masih menuju Ke TKP dan informasi belum dapat disampaikan. Pukul 14.40 Wit, Keluarga korban meninggalkan Kantor Sar Timika menuju rumah masing-masing.

“Sampai saat ini Tim Rescue SAR Timika masih dalam proses pencarian 3 (tiga) korban yang hilang,”terangnya.

(Piet)
Share it:

PAPUA

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi