Pemda gelar Bimtek Penyusunan KLHS RPJMD Malra

Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Workshop Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018 - 2023.
Share it:
Pemda Malra menggelar Bimtek dan Workshop Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018 - 2023
Langgur, Dharapos.com
Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Workshop Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018 - 2023.

Kegiatan yang berlangsung di aula Lantai 3 Kantor Bupati Malra, Rabu (6/6/2018) ini difasilitasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat.

Bimtek dan workshop ini juga mengacu pada UU No 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (PPLH), Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 9 Tahun 2011 dan Permendagri No. 67 tahun 2012 dimana setiap kebijakan rencana atau Program Pemerintah Daerah seperti RTRW dan RPJMD wajib dilakukan.

Narasumber yang dihadirkan dari Kementrian Dalam Negeri RI, dan Konsultan KLHS RPJMD pada Kementrian yang sama.

Serta tim Penyusun KLHS RPJMD berasal dari Universitas Pattimura Ambon bekerja sama dengan Bappeda Malra.

Dalam penyusunan KLHS RPJMD ini melibatkan OPD terkait pada Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara.

Pjs. Bupati dalam sambutannya yang disampaikan Plt. Sekretaris Daerah setempat, H. Hironimus Rettobjaan  mengakui bahwa kegiatan Bimtek ini merupakan suatu momen pembelajaran yang sangat baik.

Mengingat, didalamnya menghadirkan ilmu dan pengalaman sehubungan dengan pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis.

"Semoga kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menggali informasi sedalam-dalamnya, sehingga dalam penyusunan maupun pelaksanaannya nanti, kajian ini dapat benar-benar memberikan hasil yang baik," harapnya.

Terutama dalam kepentingannya bagi pengelolaan lingkungan hidup daerah ini ke depan yang tepat proses, tepat hasil dan tepat guna.

Adapun peserta kegiatan KLHS RPJMD ini terdiri dari OPD terkait lingkup Pemkab Malra, instansi vertikal, organisasi kemasyarakatan yang konsen terhadap lingkungan hidup, Camat dan Kepala Ohoi yang aktivitas masyarakatnya terkait masalah lingkungan hidup.

(dp-40)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi