News Ticker

Hari Armada RI, Lanal Saumlaki Gelar Naval Base Open Day 2016

Peringatan hari Armada Republik Indonesia ke 71 yang jatuh tepat hari ini, Selasa (5/12) dilaksanakan terpusat di Dermaga Pondok Dayung Jakarta Utara, dengan maksud memberikan eksistensi keberadaan Armada RI bagi masyarakat khususnya di Ibukota Negara.
Share it:

Saumlaki, Dharapos.com
Peringatan hari Armada Republik Indonesia ke 71 yang jatuh tepat hari ini, Selasa (5/12) dilaksanakan terpusat di Dermaga Pondok Dayung Jakarta Utara, dengan maksud memberikan eksistensi keberadaan Armada RI bagi masyarakat khususnya di Ibukota Negara.

Di Saumlaki yang juga ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Pangkalan TNI AL Saumlaki, dalam memperingati momen tersebut telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan.

Momen tersebut dimulai dari kegiatan bersama masyarakat dengan menyelenggarakan Naval Base Open Day 2016 dan sebagai puncaknya dilaksanakan upacara militer memperingati Hari Armada RI Tahun 2016, yang diikuti oleh unsur TNI - Polri dan instansi kemaritiman.

Dalam upacara tersebut turut diresmikan pula Tim Respon Cepat Koarmatim atau Eastern Fleet Quick Respon Pangkalan TNI AL Saumlaki atau dengan sebutan EFQR - 9.3/SLK.

Dalam kegiatan Naval Base Open Day 2016 yang dilaksanakan 3 Desember kemarin, Pangkalan TNI AL Saumlaki menggelar acara olahraga bersama.

Yakni dengan menampilkan senam kreasi Gemufamire TNI AL dan Si Pong Pong yang diikuti oleh kurang lebih 1000 peserta dari berbagai kalangan dan segenap komponen bangsa.

Kemudian, kegiatan Fun Game dan panggung hiburan untuk rakyat.

“Selain itu digelar pula Lanal Expo 2016 dengan memperlihatkan berbagai macam persenjataan dan peragaan Seragam Khas TNI AL,” terang Komandan TNI AL Saumlaki, Letkol Laut (P) Wirawan Ady Prasetya,S. Sos dalam konferensi pers, Senin (4/12) pagi.

Ia menjelaskan bahwa Tim EFQR - 9.3/SLK yang diresmikan dalam upacara tersebut memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugas militer, penegakan hukum di laut dari segala dinamika ancaman dan bahaya keamanan laut dan penanggulangan SAR.

“Tim ini terbagi menjadi dua unsur, yaitu Unsur Patroli Keamanan Laut atau Patkamla dan Unsur Visit Board Search Seizure (VBSS) dengan spesialisasi kemampuan  permukaan laut, bawah permukaan laut atau selam, dan aspek darat,” urainya lagi.

Sebagaimana pantauan Dharapos.com, Danlanal Saumlaki bertindak sebagai Inspektur upacara dan membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut.

Yang didalamnya berisi tentang perkembangan, fungsi dan tugas Armada RI baik Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) maupun Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim).

Di samping itu pula disampaikan beberapa penekanan bagi prajurit khususnya prajurit TNI AL, sehingga semangat hari Armada memotivasi segenap unsur TNI AL untuk meningkatkan kinerja individu dan satuan, sebagai pengawal samudera dan perekat Nusantara.

(dp-18)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi