News Ticker

Sejumlah Kepala OPD Tak Hadiri Rapat Penanganan Stunting, Ini Sikap Pj Bupati Malra

Sejumlah kepala OPD dilaporkan tidak hadir dalam rapat yang digelar Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Kamis
Share it:


Langgur, Dharapos.com
– Sejumlah kepala OPD dilaporkan tidak hadir dalam rapat yang digelar Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Kamis (21/3/2024).

Rapat tersebut dipimpin langsung Penjabat (Pj) Bupati setempat Jasmono didampingi Ketua TP PKK serta Pj Sekda Malra yang bertujuan untuk mereview kinerja tahunan aksi konvergensi penanganan stunting di wilayah itu.

Ketidakhadiran pimpinan OPD ini kemudian menjadi sorotan Pj Bupati setempat.

Jasmono menyesalkan ketidakhadiran para pimpinan OPD tersebut, mengingat rapat dimaksud sangat perinsipil dan bersifat sangat penting.

Pj Bupati menjelaskan, terkait rencana aksi minggu depan terkait penanganan stunting, ia minta agar sudah harus ada tim kecil untuk membahas uraian tugas dari masing-masing OPD.

“Jangan hanya ke satu dinas saja. Dinas kesehatan kan 30 %, maka sisa 70 % itu untuk OPD yang lain,” ujarnya.

“Kita semua punya tanggungjawab yang sama menurunkan angka stunting, baik langsung maupun tidak,” katanya menambahkan.

Untuk itu, Jasmono mengharapkan kehadiran langsung pimpinan OPD dalam rapat yang sifatnya prinsip seperti ini.

“Ini menjadi catatan agar kedepan untuk kegiatan-kegiatan yang sangat penting seperti ini apalagi terkait dengan implementasi tujuh program prioritas, maka saya instruksikan pimpinan OPD yang harus hadir secara langsung. Jangan ada yang diwakilkan,” tandas Jasmono.

Menurutnya, jika kehadiran pimpinan OPD dalam rapat seperti ini diwakilkan maka bawahan yang hadir harus melaporkan kepada atasannya tentang hasil rapat.

“Belum lagi hasil itu harus dibahas lagi di OPD tersebut barulah ambil keputusan. Ini nanti urusan birokrasinya panjang. Tapi kalau pimpinan OPD yang hadir langsung disini pasti kita langsung bisa putusakn langkah-langkah apa yang harus diambil,” terangnya.

Selain itu, lanjut Jasmono, penurunan angka stunting ini adalah program prioritas nasional. Olehnya itu, para pimpinan OPD harus serius menangani stunting di Malra.

“Saya tegaskan sekali lagi, rapat minggu depan itu semua pimpinan OPD harus hadir, sekaligus menjelaskan tentang program dan kegiatan masing-masing serta amsukan-masukan terkait rencana aksi yang disampaikan. Kami akan evaluasi progres dari masing-masing OPD,” pungkasnya.

(dp-red)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi