News Ticker

BI Maluku Fasilitasi Pembentukan TP2DD Bursel

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku turut memfasilitasi penandatanganan SK Bupati terhadap Pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan
Share it:

Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku turut memfasilitasi pembentukan TP2DD Kabupaten Buru Selatan

Ambon, Dharapos.com
- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku turut memfasilitasi penandatanganan SK Bupati terhadap Pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daearah (TP2DD) Kabupaten Buru Selatan yang berlangsung di Ambon, Selasa(4/1/2022).

Hal ini dilakukan BI guna mendukung perkembangan dan petumbuhan perekonomian di Indonesia termasuk implementasi digitalisasi pembayaran.

Kepala Kantor BI Perwakilan Provinsi Maluku Noviarsano Manullang dalam pers rilisnya menyampaikan, TP2DD hadir sebagai salah satu upaya dalam mengakselerasi program strategis pemerintah terkait Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).

“Pembentukan TP2DD dilandasi dengan keputusan Presiden RI Nomor 3 Tahun 2021 tentang satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah dan diperkuat dengan Permendagri Nomor 56 Tahun 2021 tentang Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota serta tata cara implementasi ETPD,” urainya.

Menurut Noviarsano, dengan implementasi ETPD diharapkan dapat mewujudkan tata kelola keuangan yang lebih baik, transparansi penggunaan anggaran dan meningkatkan potensi penerimaan Pemda melalui pemanfaatan teknologi, inovasi produk dan saluran distribusi.

Sejumlah bukti nyata manfaat ETPD sudah dirasakan oleh berbagai Pemda yang sudah mengimplentasikannya, seperti peningkatan realisasi PAD, kemudahan dalam tata kelola pemerintahan, serta faktor penarik untuk pengembangan investasi di daerah.

Dikatakannya, implemntasi dari ETPD juga dapat menggandeng fintech maupun e-commerce sehingga dapat memfasilitasi pembayaran komponen PAD seperti pajak, retribusi daerah dan lain-lain.

“Kedepan, Pemda dapat saling berkoordinasi menyusun atau mempertajam peta jalan (roadmap) dan rencana aksi (action plan) ETPD sehingga arah pengembangannya dapat berjalan dengan lancer,“ harapnya.

Turut hadir pada kegiatan ini, perwakilan OJK Maluku, DJPB Maluku dan BPDM Maluku - Maluku Utara.

(dp-19)

Share it:

Ekonomi dan Bisnis

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi