Mandagi Imbau Semua Umat Katolik Sambut Uskup Amboina Yang Baru

Pasca Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC diangkat Paus Fransiskus menjadi Uskup Agung Merauke di Papua, hingga kini, keuskupan Amboina belum memiliki Usk
Share it:

Uskup Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC

Saumlaki, Dharapos.com - Pasca Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC diangkat Paus Fransiskus menjadi Uskup Agung Merauke di Papua, hingga kini, keuskupan Amboina belum memiliki Uskup definitif.

Uskup Mandagi yang sebelumnya bertugas sebagai Uskup Amboina sejak tahun 1994 itu, saat ini juga merangkap sebagai Administrator Keuskupan Amboina hingga ada penggantinya.

Saat memimpin perayaan ekaristi kudus penerimaan sakramen Krisma di paroki Hati Kudus Yesus Olilit Barat, Rabu (22/9/2021), Uskup Mandagi memantik akan ada uskup baru di Keuskupan Amboina bulan depan.

"Bulan depan atau tidak lama lagi sudah ada uskup baru," bebernya.

Dikatakan, keputusan pengangkatan uskup baru di Keuskupan Amboina merupakan kewenangan tahta suci Vatikan. Dengan demikian, umat hendaknya menerima siapa pun yang akan ditunjuk oleh Paus Fransiskus sebagai Uskup Diosis Amboina.

"Saya harap anda menerima siapa saja yang jadi Uskup. Tidak melihat dia Kei, Tanimbar, Manado, Jawa atau mana saja. Terima saja karena Uskup itu pilihan Tuhan," kata Uskup Mandagi.

Uskup Mandagi sempat menegur sejumlah pihak yang mendiskusikan pengangkatan uskup baru di Keuskupan Amboina melalui media sosial.

"Saya dengar ada diskusi di Facebook. Rupanya itu orang-orang mabuk yang berdiskusi tentang Uskup baru. Bagaimana dalam keadaan mabuk baru berdiskusi tentang uskup baru," kecamnya.

"Kita tunggu saja, karena Vatikan yang akan menentukan uskup baru. Bukan kita atau bukan Uskup Mandagi yang tentukan, tetapi Vatikan yang menentukan," tegasnya lagi.

Diberitakan sebelumnya, pada 11 November 2020 yang lalu, Uskup Mandagi ditunjuk oleh Paus Fransiskus sebagai Uskup Agung Merauke.

Dikutip dari berbagai sumber, UMandagi adalah Uskup Agung keempat di Keuskupan Agung Merauke sejak Vikariat Apostolik Merauke, oleh Kongregasi Propaganda Fide, ditingkat statusnya menjadi Keuskupan Agung Merauke.

Mgr. Tillemans menjadi Uskup Agung Merauke pertama (1961-1972). Setelah itu digantikan Mgr. Jacobus Duivenvoorde, MSC (1972–2004, pensiun). Pada 7 April 2004, Paus Yohanes Paulus II mengangkat imam MSC pribumi pertama, Mgr. Nicolaus Adi Seputra, MSC ( 2004-2020).

Mgr. Mandagi, demikian sapaan kelahiran Sulawesi Utara, 27 April 1949 ini, adalah Uskup Amboina, Maluku sejak 10 Juni 1994.

Paus Yohanes Paulus II memilihnya menjadi Uskup Amboina menggantikan Mgr. Andreas Peter Cornelius Sol, MSC, pada tanggal 10 Juni 1994, dan ditahbiskan menjadi Uskup Amboina pada tanggal 18 September 1994.

Paus Fransiskus mengangkatnya menjadi Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke (KAMe) sejak 7 Agustus 2019 setelah Vatikan menerima pengunduran diri Mgr. Nicolaus Adi Seputra MSC sebagai Uskup Agung KAMe.

Uskup Mandagi dikenal sebagai tokoh yang dihormati dan tokoh perdamaian di Provinsi Maluku karena ia terus memperjuangkan kerukunan, toleransi, persaudaraan sejati,  keadilan dan kesejahteraan bagi semua pihak.

(dp-18)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi