News Ticker

Bupati Malra Canangkan Vee Kes Yang Kecamatan Hoat Sorbay

Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun melakukan pencanangan Ve’e Kes Yang Kecamatan Hoat Sorbay, Sabtu (19/9/2020).
Share it:

Bupati Malra M. Thaher Hanubun saat mencanangkan Ve'e Kes Yang Kecamatan Hoat Sorbay
Langgur, Dharapos.com – Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun melakukan pencanangan Ve’e Kes Yang Kecamatan Hoat Sorbay, Sabtu (19/9/2020).

Pencanangan tersebut dilakukan seusai menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada pelantikan ikatan pemuda setempat.

Bupati didampingi Ibu Eva Hanubun mencanangkan Ve’e Kes Yang Kecamatan Hoat Sorbay dengan ditandai penanaman pohon mangga pada kebun itu.

Ve’e Kes Yang Kecamatan Hoat Sorbay memiliki areal seluas 11 hektar yang didalamnya dibagi per petak-petak serta dikelola langsung oleh 11 ohoi pada wilayah itu.

Setelah pencanangan, Bupati bersama rombongan mengunjugi 11 pondok dari 11 Ohoi yang berkesempatan menyiapkan makanan untuk dicicipi Bupati dan rombongan.

Di sela-sela itu, Bupati menyampaikan bahwa dirinya sangat berterimakasi kepada masyarakat di kecamatan Hoat Sorbay melalui Camat dan kepala-kepala ohoinya.

"Ini merupakan hal yang luar biasa dan dengan dukungan dari semua pihak maka ada kebun ini," ucapnya.

Lanjut Bupati, pemuda merupakan inspirator karena ketika mereka dikumpulkan dalam suatu wadah untuk melakukan sebuah kegiatan maka itu pasti akan direalisasikan.

“Saya ingin mengutip apa yang diucapkan oleh Bung Karno : kasih saya sepuluh pemuda maka akan ku goncangkan dunia ! Dan hari ini pemuda Hoat Sorbay telah membuktikanya,” lanjutnya.

Bupati berharap hal-hal yang menyangkut kegiatan masyarakat dalam kaitannya dengan kehidupan kedepan, pemuda harus peka dan responsif terhadap apa yang ada di lingkunganya.

“Terutama demi kepentingan masyarakat. Kira-kira masyarakat pada wilayah ini apa kepentinganya serta apa yang dibutuhkan sehingga diusulkan kepada Camat. Dan oleh Camat dilaporkan kepada Pemerintah daerah supaya ada perhatian pada wilayah kecamatan dimaksud,” imbaunya.

Bupati berharap setelah dilantik, pemuda tidak duduk diam saja atau terlalu banyak terlibat dalam politik tetapi bersama kepala Ohoi dan camat dapat berupaya bersama-sama mensejahterakan masyarakat.

Dikatakannya, ketahanan pangan yang dilakukan oleh Camat Hoat Sorbay berserta kepala ohoi dan semua masyarakat merupakan hal yang luar biasa.

“11 pondok yang berada di Ve’e Kes Yang ini menunjukan satu perhatian besar dalam ketahanan pangan dari kita dan untuk kita,” akuinya.

Bupati menyampaikan pula bahwa tidak perlu ragu orang Maluku Tenggara akan kelaparan. Karena baginya, tidak akan terjadi itu karena masyarakat Malra semuanya sadar akan apa yang ada dilingkunganya dan kemudian mengelolanya.

Seperti yang dilakukan pada Ve’e Kes Yang di halaman kantor Camat Hoat Sorbay dimana lahan tersebut difungsikan untuk melaksanakan program ketahanan pangan.

“Saya harap masyarakat yang hadir dan melihat serta mendengar apa yang disampaikan bersedia untuk melaksanakan semua. Bahwa inti dari semuanya adalah kebersamaan karena itu paling penting dan saya mengapresiasi penuh kepada Camat dan pemuda di Kecamatan Hoat Sorbay.

Bupati berkeinginan pemuda menjadi pemersatu sekaligus tokoh pembangunan ke depan untuk bersama-sama memikirkan bagaimana ikut membangun daerah ini.

“Ve’e Kes Yang pada kecamatan Hoat Sorbay ini dapat menjadi contoh dan wilayah lainnya dapat meniru apa yang telah dibuat oleh kecamatan Hoat Sorbay tersebut,” tukasnya.

(dp-52)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi