News Ticker

Orno Optimis Ekonomi MBD Akan Meningkat

Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) akan disiapkan sebagai daerah pengekspor ikan ke Eropa Timur menyusul permintaan Kementerian Luar Negeri yang telah disampaikan beberapa waktu lalu.
Share it:
Wakil Gubernur Maluku, Barnabas N. Orno
Ambon, Dharapos.com - Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) akan disiapkan sebagai daerah pengekspor ikan ke Eropa Timur menyusul permintaan Kementerian Luar Negeri yang telah disampaikan beberapa waktu lalu.

Dengan begitu, dipastikan akan meningkatkan perekonomian dan pemanfaatan sumber daya perikanan di wilayah yang berbatasan langsung dengan Negara Australia dan Timor Leste ini.

Wakil Gubernur Maluku, Barnabas N. Orno kepada pers di kantor Gubernur Maluku Rabu (19/6/2019) menegaskan dengan disiapkannya kabupaten bertajuk Kalwedo itu tentunya sangat berdaya guna bagi masyarakat nelayan setempat.

"Masyarakat nelayan di sana bisa berdaya guna dan mendapat manfaatnya," tandasnya optimis.

Orno menegaskan sangat menyambut baik program Pemerintah pusat yang sudah mengarah ke daerah terdepan NKRI ini.

Untuk itu, dirinya berharap adanya hubungan antara perencanaan program perikanan terkhususnya pada masyarakat di daerah itu.

Terkait penambahan anggaran untuk infrastruktur pendukung, diakui Orno masih menunggu APBD 2020.

Di lain pihak, Pemerintah Jepang akan membangun pelabuhan pendaratan Ikan (PPI) dengan alokasi anggaran sebesar Rp350 Miliar.

Dan terkait itu, Orno telah menandatangani MoU semasa masih menjadi Bupati di sana pada 2016 lalu.

"Dengan akan dibangunnya PPI oleh Jepang tentu akan menyerap 3000 tenaga kerja dan pastinya akan melibatkan kapal-kapal kecil milik nelayan setempat" pungkasnya.

(dp-19)
Share it:

Ekonomi dan Bisnis

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi