News Ticker

Pemkab KKT Launching Implementasi Program Diklat PIM III Angkatan XVI 2019

Bertempat di halaman Kantor Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Jumat (17/5/2019) telah dilaksanakan Launching Implementasi Proyek Perubahan Peserta Diklat PIM III Angkatan XVI Tahun 2019.
Share it:
Asisten Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Kemasyarakatan dr. Edwin Tomasoa saat pembagian hadiah untuk juara lomba Kube berprestasi
Saumlaki, Dharapos.com - Bertempat di halaman Kantor Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Jumat (17/5/2019) telah dilaksanakan Launching Implementasi Proyek Perubahan Peserta Diklat PIM III Angkatan XVI Tahun 2019.

Bersamaan dengan itu pula, dilakukan pula acara Launching Kube Berprestasi bertajuk "SPT Kube".

Mewakili  Bupati, Asisten Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Kemasyarakatan Setda KKT dr. Edwin Tomasoa secara resmi kegiatan tersebut , sekaligus melaunching Implementasi Program Proyek Perubahan Diklat PIM III Angkatan XVI Tahun 2019, yang ditandai dengan penekanan tombol sirene.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 1507/Saumlaki yang diwakili oleh Danramil 1507-02/Saumlaki, Kapten Inf. Andalais Ohorella, SH, Coach Implementasi Program Proyek Perubahan Diklat PIM III Angkatan XVI Tahun 2019 dari BDPSDM Maluku, Sunoto, AKS, MPSSp, serta Asisten Bidang Administrasi dan Umum Bambang Eko Priyanto, S.Pd.

Turut hadir pula, para Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, pimpinan perbankan, instansi vertikal, peserta PIM III Angkatan XVI, Pengurus KUBE (Kelompok Usaha Bersama) Kecamatan Wermaktian dan Wertamrian serta tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia dalam laporannya menjelaskan launching implementasi 15 proyek perubahan ini merupakan satu dari sekian kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan oleh reformers atau peserta pendidikan yang berasal dari KKT sebagai salah satu syarat sebelum mengikuti seminar akhir yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Pegembangan SDM Propinsi Maluku.

Dengan mengacu pada PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, dan Pedoman penyelenggaranya diatur dalam Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Rl (LAN RI) Nomor 19 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat III.

Adapun tujuan pelaksanaan Launching ini adalah untuk mengembangkan kompetensi taktikal pada pejabat administrator yang akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan Diklat Kepemimpinan Tingkat III.

Kemudian, meningkatkan kemampuan dan disiplin kerja bagi para anggota KUBE sehingga mampu mengembangkan diri dalam berusaha, mengelolah usahannya dalam memenuhi kebutuhan hidup keluargannya.

“Serta dapat memberikan motivasi bagi masyarakat teristimewa anggota KUBE sehingga dapat bersaing dengan kelompok usaha Lainnya,” rincinya.

Foto bersama seusao launching
Sementara itu, Sekapur Sirih dari Coach Implementasi Program Proyek Perubahan Diklat PIM III Angkatan XVI Tahun 2019 dari BDPSDM Maluku, Sunoto, AKS, MPSSp dalam pernyataannya menjelaskan proyek perubahan adalah inti dari diklat kepemimpinan pola baru.

“Dan diharapkan dapat menghasilkan inisiatif baru yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang profesional,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan ini sangat membutuhkan dukungan dari pihak Pemda dan instasi terkait.

“Kami memberi dukungan sebesar-besarnya kepada peserta diklat, karena pengamatan kami mereka ini sangat bersungguh-sungguh melaksanakan proyek perubahan. Jadi, mohon peserta diklat dapat mempersiapkan diri dalam menyiapkan laporan dan bukti fisiknya, serta terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait,” tukasnya.

Sementara itu,  Bupati KKT dalam sambutan yang dibacakan Asisten Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Kemasyarakatan dr. Edwin Tomasoa mengatakan Pemerintah setempat memandang perlu dan wajib memberikan kesempatan kepada ke 15 aparatur untuk mengikuti diklat kepemimpinan bagi pejabat struktural eselon Ill, guna memberikan wawasan, pengetahuan, keahlian, keterampilan, sikap dan perilaku dalam aspek kepemimpinan aparatur.

“Sehingga mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintah sesuai jabatan struktural eselon Ill, serta memiliki kesamaan komprehensif dengan semangat pengabdian yang berorientasi pelayanan prima dan pemberdayaan masyarakat,” urainya.

Lanjut Bupati, penyelenggaraan diklat PIM III tahun ini merupakan pola baru yang sangatlah berbeda dengan diklat kepemimpinan sebelumnnya, sesuai dengan peraturan Kepala LAN Nomor 12 Tahun 2013 tentang pedoman penyelenggaraan diklat kepemimpinan tingkat Ill dan PP Nomor 101 Tahun 2000 tentang pendidikan dan pelatihan PNS.

“Perubahan yang sangat signifikan adalah cara pembelajaran yang dirancang untuk mampu meningkatkan kemampuan leadership birokrasi di sektor pelayanan publik, terutama dalam menyumbangkan lnovasl dan mampu membuat perubahan di iinstansi masing-masing,” lanjutnya.

Bupati berharap 15 peserta diklat PIM III KKT tidak sekedar untuk memenuhi persyaratan promosi jabatan.

“Tetapi terpenting dari itu dapat memberikan kontribusi positif yaitu perubahan sikap dan perilaku sesuai dengan etika pegawai negeri sipil serta meningkatkan keterampilan dan keahlian dalam memimpin sebuah organisasi yang telah dipercayakan,” tukasnya.

Pada acara tersebut, turut diumumkan Kube berprestasi dan pembagian hadiah untuk juara lomba, serta penyerahan oven pengering kopra kepada kelompok tani.

(dp-18)
Share it:

Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi