Kompetensi Syarat Mutlak Apoteker Dapat Izin Praktek

Kompetensi bagi tenaga kesehatan dinilai sangat penting guna peningkatan pelayanan.
Share it:
Konferda dan Seminar Ilmiah IAI Maluku yang berlangsung di Amaris Hotel, Kota Ambon, Sabtu (9/2/2019)
Ambon, Dharapos.com - Kompetensi bagi tenaga kesehatan dinilai sangat penting guna peningkatan pelayanan.

Dengan begitu seorang apoteker tidak dapat berbangga dengan ijazah yang dimiliki, tetapi harus meningkatkan kemampuan dirinya sesuai perkembangan jaman.

Mengingat komptensi yang dimiliki menjadi syarat mutlak untuk mendapatkan izin praktek.

"Kedepannya penting kompetensi apoteker, untuk itu ijazah yang dimliki tidak dapat dibanggakan, tetapi harus membekali diri dengan pengetahuan dan pelatihan - pelatihan yang ada guna mendapatkan izin praktek," ungkap Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Provinsi Maluku, Beny Pattiasina pada acara Konferensi Daerah dan Seminar Ilmiah IAI Maluku di Amaris Hotel, Kota Ambon, Sabtu (9/2/2019).

Hal ini merujuk pada orientasi pelayanan oleh Kementerian Kesehatan RI bukan lagi pemerataan tenaga kesehatan, tetapi lebih fokus pada kualitas pelayanan dengan peningkatan sumber daya manusia.

Hal senada juga disampaikan dr. Rita Tahitu mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku.

"Tenaga kesehatan yang kompeten termasuk apoteker sangat penting dalam pengakreditasian  layanan kesehatan seperti Puskesmas," cetusnya.

Sementara Gubernur Said Assagaff dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Provinsi Maluku, Halim Daties sekaligus membuka kegiatan tersebut menyampaikan, seorang apoteker harus mampu mengoptimalkan manajemen pengobatan dalam rangka penigkatan layanan kesehatan yang positif.

Juga harus dapat menjalin kerjasama dengan tenaga kesehatan lainnya sekaligus mampu berperan sebagai edukator dan pemberdaya masyarakat dalam menggunakan obat-obatan dengan baik dan tepat.

"Saudara-saudara harus menjunjung tinggi kehormatan dan profesi yang dilakukan sebagai profesi yang memerlukan ketelitian dan kejelian untuk mengerjakan suatu pekerjaan," katanya.

Hal ini mengingat IAI merupakan organisasi profesi yang merupakan perwujudan dari hasrat murni dan keinginan luhur para anggotanya yang menyatukan diri dalam upaya mengembangkan keprofesian luhur di Indonesia pada umumnya dan martabat anggota pada khususnya.

"Melalui kegiatan Konferensi daerah dan seminar yang dilaksanakan ini diharapkan dapat mewujudkan aparatur yang lebih profesional sehingga mampu meningkatkan hidup sehat bagi setiap manusia," pungkasnya

Kegiatan ini berlangsung sehari dan diikuti oleh 252 peserta perwakilan apoteker dari seluruh kabupaten/ kota di provinsi Maluku.

(dp-19)
Share it:

Kesehatan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi