Personel KAL P. Nustual - Pos Larat Laksanakan Komsos di Tanut

KAL. Pulau Nustual milik Pangkalan TNI AL Saumlaki yang dikomandani Letda laut (P) Adi Sagita dan prajurit Pos TNI AL Larat, melaksanakan komunikasi sosial (komsos) dengan masyarakat yang bermata pencaharian sebagai nelayan bertempat di Pulau Nuslima, Kecamatan Tanimbar Utara (Tanut), Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).
Share it:
Foto bersama seusai kegiatan komsos di Pulau Nuslima, Kacamatan Tanimbar Utara, Kabupaten MTB
Saumlaki, Dharapos.com - KAL. Pulau Nustual milik Pangkalan TNI AL Saumlaki yang dikomandani Letda laut (P) Adi Sagita dan prajurit Pos TNI AL Larat, melaksanakan komunikasi sosial (komsos) dengan masyarakat yang bermata pencaharian sebagai nelayan bertempat di Pulau Nuslima, Kecamatan Tanimbar Utara (Tanut), Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).

Komsos yang diselenggarakan pada Selasa (13/11/2018) ini mengusung tema "Melalui Komsos TNI
Kita Pelihara Netralitas dan Kemanunggalan dengan Rakyat untuk Mewujudkan TNI AL yang Siap Melaksanakan Tugas Pokok".

Letda Laut Adi Sagita dalam sambutannya mengakui bahwasanya TNI sebagai institusi pertahanan negara dan garda terdepan juga sekaligus benteng terakhir perlu melakukan kegiatan komsos dengan nelayan.

Dan pada kesempatan ini, secara konsisten sebagai salah satu metode pembinaan potensi maritim secara tepat khususnya masyarakat nelayan sebagai mitra TNI AL.

Salah satunya, cara melestarikan lingkungan dengan menjaga kelangsungan hidup ekosistem laut serta menjaga kebersihan lingkungan di sekitar pelabuhan.

"Fungsi Pos AL adalah sebagai wadah bagi masyarakat nelayan tetapi dianjurkan untuk warga nelayan membuat kelompok kerja atau paguyuban sendiri," dorongnya.

Lanjut Letda Sagita, dalam komsos juga disampaikan terkait kebijakan Pemimpin TNI AL tentang pertahanan dan keamanan laut di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Keberadaan masyarakat nelayan sangat berguna untuk memelihara dan meningkatkan hubungan yang sinergis guna memberikan pemahaman arti pentingnya pertahanan Negara serta meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat," cetusnya.

Hal ini, tegas Letda Sagita  adalah bukti nyata bagaimana kemanunggalan TNI dengan rakyat serta bagaimana keberadaan TNI sangat membantu  masyarakat yang tinggal di pulau-pulau  terpencil.

"Karena mereka adalah bagian dari NKRI sehingga TNI AL Lanal Saumlaki tidak pernah tidur untuk menjaga perairan NKRI serta pulau-pulau yang terpencil sekalipun," tukasnya.

Kadepsin KAL Pulau Nustual, Lettu Laut (T) Achmad Fauzan Qomari memberikan sosialisasi tentang penggunaan alat keselamatan pelayaran dengan cara  menggunakan Life Jacket (Pelampung).

(dp-18)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi