News Ticker

Cuaca ekstrim di Kota Tual dikuatirkan hambat Pilkada

Kondisi cuaca yang ekstrim di perairan Kota Tual dikuatirkan masih menjadi kendala dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah setempat pada Juni mendatang.
Share it:
Ketua KPU Kota Tual, Ibrahim Faqih 
Tual, Dharapos.com
Kondisi cuaca yang ekstrim di perairan Kota Tual dikuatirkan masih menjadi kendala dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah setempat pada Juni mendatang.

Mengingat, tiga dari lima kecamatan di wilayah tersebut yang berada di pulau-pulau yaitu Tayando Tam, Pulau Kur, Kur Selatan sedangkan 2 lainnya berada di daratan Kota Tual.

Dan untuk menjangkau ketiga kecamatan itu, harus menggunakan alat transportasi penyeberangan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tual, Ibrahim Faqih yang dikonfirmasi Senin (19/3/2018) mengakui kondisi tersebut telah tergambar dengan jelas saat pihaknya melaksanakan beberapa tahapan ke wilayah itu.

"Intinya yang paling dikuatirkan oleh KPU Kota Tual adalah kondisi rentang kendali. Artinya, kalau kondisi normal saja kadang-kadang kita sudah cukup susah untuk sampai ke sana, apalagi pada kondisi cuaca yang sedikit ekstrim dan itu sudah terjadi," bebernya.

Ibrahim mencontohkan, pihaknya mengalami kendala transportasi ketika KPU Kota Tual hendak melakukan verifikasi faktual calon perseorangan Gubernur Maluku.

Tak hanya itu saja, pihaknya juga mengalami kendala pendistribusian untuk kepentingan proses coklit karena kondisi cuaca yang tidak bersahabat.

Terkait kendala-kendala tersebut, KPU Kota Tual lanjut Ibrahim telah berupaya untuk berkoordinasi dengan instansi teknis lainnya namun  kendalanya tetap sama.

"Kami tidak ditopang oleh sarana transportasi yang memadai yang benar-benar bisa menjangkau ketiga wilayah kecamatan di sana pada kondisi cuaca yang ekstrim," sambungnya.

Ibrahim mengaku seluruh kendala ini telah disampaikan kepada Mabes Polri saat berkunjung beberapa hari kemarin.

"Dan kami masih menunggu tanggapan Jakarta nantinya seperti apa terhadap masukan yang kami sampaikan," sambungnya.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melihat kesiapan serta berdiskusi terkait beberapa permasalahan yang dihadapi KPU Kota Tual baik dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah baik di tingkat Provinsi  maupun Kota Tual.

Termasuk pula pada pelaksanaan Pemilihan Legislatif nanti.

(dp-40)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi