News Ticker

Pemkab MTB gelar Ragam Kegiatan warnai HMPI dan BMN 2017

Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) melalui Dinas Lingkungan Hidup setempat menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka Pencanangan Penanaman 1 Miliar pohon dalam kegiatan puncak memperingati Bulan Menanam Nasional (BMN) dan acara Pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang berpusat di pelataran Kantor Camat Wertamrian – Lorulun, Kamis (14/12).
Share it:
Wabup Agustinus Utuwaly didampingi Kadis LH MTB saat menyerahkan pohon untuk Camat Wertamrian
Saumlaki, Dharapos.com 
Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) melalui Dinas Lingkungan Hidup setempat menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka Pencanangan Penanaman 1 Miliar pohon dalam kegiatan puncak memperingati Bulan Menanam Nasional (BMN) dan acara Pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang berpusat di pelataran Kantor Camat Wertamrian – Lorulun, Kamis (14/12).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati MTB, Agustinus Utuwaly dan  Wakil Ketua Tim Pengerak PKKMTB, Ny. Yanti Utuwaly serta Komandan TNI AL Pangkalan Saumlaki (Danlanal), Letkol Laut (P) Ari Krisdiyanto.

Turut hadir, sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), pimpinan instansi vertikal di MTB, Pimpinan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Wertamrian, Danramil 1507-02/Saumlaki, Kapten Inf Kasrun, Staf Dinas Lingkungan Hidup dan Staf Kantor Camat Wertamrian, Pastor Paroki Lorulun, para Kepala desa dan perwakilan masyarakat se kecamatan tersebut.

“Kegiatan Pencanangan Penanaman 1 Miliar Pohon ini adalah kegiatan yang dilakukan di seluruh Indonesia,” terang Kepala DLH MTB, Herman Yoseph Lerebulan.

Dikatakan, dasar dari kegiatan tersebut adalah Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan  Menanam Nasional (BMN) tanggal 28 November 2008, Amanat Presiden RI pada acara peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) tanggal 28 November 2010, dan Komitmen Pemerintah RI pada KTT Perubahan Iklim Tahun 2009 di Kopenhagen Belanda untuk mengurangi emisi karbon sebesar 20 - 41persen pada 2020.

Selanjutnya, Surat Keputusan Kepala Dinas Lingkungan Hidup MTB Nomor: 660.1/20/SK/DLH/XI/2017, tanggal 15 November 2017 tentang Panitia Penyelenggara Pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2017.

“Maksud kegiatan ini adalah sebagai sarana edukasi, peningkatan kepedulian, kemampuan dan kemandirian seluruh komponen bangsa akan pentingnya menanam dan memelihara pohon, serta mengajak seluruh komponen bangsa untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan dalam rangka mitigasi perubahan iklim dan merehabilitasi,” papar Lerebulan.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah tutupan lahan guna mencegah terjadinya bencana banjir dan longsor, konservasi keanekaragaman hayati (bio-diversity), dan konservasi karbondioksida (CO2) di atmosfir untuk antisipasi dampak perubahan kimia.

Wabup juga menyerahkan bantuan 10 buah gerobak sampah kepada Kodim 1507/Saumlaki
Kemudian, ikut berpartisipasi terhadap kebutuhan pangan, energi dan ketersediaan air untuk kesejahteraan masyarakat, serta mendorong partisipasi dari BUMN, BUMD dan swasta pada program CSR maupun masyarakat untuk terlibat dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Wabup, Agustinus Utuwaly di saat itu membacakan sambutan Menteri LH RI – Siti Nurbaya, sekaligus membuka dengan resmi Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tahun 2017.

Menteri menyatakan bahwa kegiatan pengelolaan hutan dan lahan harus memberikan manfaat nyata bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat seiring dengan peningkatan produktivitas hutan dan lahan serta terpeliharanya kelestarian alam.

Dalam rangka menggerakkan masyarakat untuk melakukan penanaman pohon maka Presiden RI telah menyerukan untuk seluruh masyarakat dapat melakukan penanaman pohon sebanyak 25 batang setiap orang selama hidup.

“Hutan yang lestari mempunyai peran yang nyata dalam menyediakan ketersediaan air sepanjang tahun pada aliran sungai. Dalam kesempatan ini, perlu kami sampaikan kembali bahwa pada saat ini di beberapa tempat telah terjadi bencana banjir dan longsor, dan bencana ini disebabkan oleh penggunaan lahan yang tidak tepat,” urainya.

Menteri juga berterima kasih kepada jajaran Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, para pelaku usaha, lembaga swadaya masyarakat, serta seluruh lapisan  masyarakat atas kerjasama yang baik dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta melestarikan hutan dan lahan.

Selain penanaman pohon secara simbolis dari peserta kegiatan tersebut, Wabup juga menyerahkan secara simbolis sarana dan prasarana kebersihan kepada perwakilan yang mendapat bantuan yakni bantuan 3 buah motor roda tiga kepada Camat Selaru dan Camat Tanimbar Selatan, bantuan 10 buah gerobak sampah kepada Kodim 1507/Saumlaki.

Kemudian, door prize, penyerahan anakan pohon oleh Wabup kepada Camat Wertamrian dan salah satu Kepala Desa di Kecamatan itu, penyerahan Tanaman Hias dari Wakil Ketua TP.PKK MTB kepada Ketua TP PKK Kecamatan Wertamrian dan salah satu perwakilan ibu-ibu dari masyarakat Kecamatan itu.

Penyerahan Piagam Perhargaan oleh Kadis LH MTB kepada pegawai DLH setempat yang sudah mengabdi dalam jangka waktu yang cukup lama, penandatanganan MoU Laut dan Pantai tentang kebersihan oleh DanLanal Saumlaki dan Kadis LH yang di saksikan oleh Wakil Bupati MTB.

Serta pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional yang ditandai dengan Penanaman Pohon pada tempat yang sudah tersedia.

(dp-18)
Share it:

Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi