News Ticker

Pemda harapkan Peran STIS Mutiara Siapkan Calon Pemimpin Daerah

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial (STIS) Mutiara Tual sebagai institusi pendidikan tinggi diharapkan mengambil peran yang objektif dalam melihat esensi pendidikan sebagai institusi yang akan menyiapkan pemimpin-pemimpin yang akan membawa daerah ini lebih maju lagi.
Share it:
Sidang Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka Wisuda Sarjana Angkatan Ke XIII Tahun Akademik
2017/2018 SekoIah Tlnggi Iimu-Iimu Sosial (STIS) Mutiara TuaI, Kamis (14/12)
Langgur, Dharapos.com
Sekolah Tinggi Ilmu Sosial (STIS) Mutiara Tual sebagai institusi pendidikan tinggi diharapkan mengambil peran yang objektif dalam melihat esensi pendidikan sebagai institusi yang akan menyiapkan pemimpin-pemimpin yang akan membawa daerah ini lebih maju lagi.

“Kita semua sedang melakukan sebuah perjalanan besar, baik secara physical, intelektual, emotional, maupun secara spiritual,” ungkap Bupati Ir. Anderias Rentanubun.

Dalam proses tersebut perlu dan dibutuhkan sekali suatu kemauan yang kuat (cerdas emosi) dan juga kemampuan intelektual yang memadai dimana keduanya haruslah didasari oleh kecerdasan spiritual yang kuat.

Di sisi lain, lulusan STIS Mutiara Tual haruslah mampu menghadirkan individu-individu yang memiliki loyalitas tinggi dan terus belajar demi mengembangkan diri sesuai dengan visi yakni terciptanya insan profesional yang mandiri, cerdas, patriotik dan demokratis, serta misinya yaitu membangun infrastruktur pendidikan tinggi sebagai wahana penciptaan kualitas SDM dan mendidik anak-anak bangsa dalam bidang ilmu-ilmu sosial.

Bupati berharap, para wisudawan mampu menjadi agen-agen perubahan di masyarakat, serta menjadi panutan bagi banyak orang yang memiliki pendidikan lebih rendah bahkan lebih tinggi. Selain itu, memiliki tanggung jawab moril yang sangat besar dan menjadi pribadi yang lebih menghargai hidup.

“Di pundak anda terletak tanggung jawab untuk membesarkan Maluku Tenggara. Karena itu, jadilah generasi yang lebih peduli dan cerdas dalam menyikapi tantangan hidup,” tandasnya.

Lanjut Bupati, peran Perguruan Tinggi dalam UU Nomor 18 Tahun 2002 adalah membentuk SDM, ilmu pengetahuan dan teknologi.

PT bertanggung jawab menghasilkan SDM yang memiliki kemampuan mengantisipasi kemajuan Iptek serta meningkatkan kemampuan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian pada masyarakat.

“Dan melalui proses pendidikan di perguruan tinggi inilah, akan terbentuk sosok-sosok individu sebagai sumber daya manusia yang akan berperan besar dalam proses pembangunan bangsa dan negara,” sambungnya.

Oleh karena itu, peran pendidikan sangat penting sebagai kunci utama untuk menciptakan SDM yang berkualitas.

“Hubungan antar proses pendidikan dengan terciptanya SDM merupakan suatu hubungan logis yang tidak dapat dipisahkan,” tukasnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Martinus Mon, S.Pd saat menghadiri Sidang Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka Wisuda Sarjana Angkatan Ke XIII Tahun Akademik 2017/2018 SekoIah Tlnggi Iimu-Iimu Sosial (STIS) Mutiara TuaI, Kamis (14/12).

(dp-40)
Share it:

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi