News Ticker

FKLJKD Maluku Lakukan Edukasi Asuransi ke Sekolah secara Serentak

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku bersama Lembaga Jasa Keuangan Asuransi dan Penjaminan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan Daerah (FKLJKD) Provinsi Maluku, mengadakan Sosialisasi Pengenalan Asuransi ke Pelajar Sekolah.
Share it:
Perwakilan Asuransi Jasa Raharja saat menyampaikan materi di hadapan siswa SMAN 1 Kota Ambon
Ambon, Dharapos.com 
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku bersama Lembaga Jasa Keuangan Asuransi dan Penjaminan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan Daerah (FKLJKD) Provinsi Maluku, mengadakan Sosialisasi Pengenalan Asuransi ke Pelajar Sekolah.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Asuransi (Insurance Day) tahun 2017 yang jatuh setiap tanggal 18 Oktober.

Sosialisasi ini bertujuan mengenalkan asuransi kepada masyarakat khususnya pelajar Sekolah Menengah Atas yang ada di Kota Ambon untuk mengenal produk jasa dan layanan keuangan yang ada di Lembaga Jasa Keuangan Asuransi dan Penjaminan.

Juga, dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta keyakinan masyarakat khususnya pelajar sejak dini tentang asuransi dan penjaminan.

“Tingkat literasi keuangan yang baik untuk masyarakat akan sangat membantu dalam melakukan perencanaan keuangan untuk masa depan yang lebih baik, tertata dan sejahtera,” terang Bambang Hermanto, Kepala OJK Provinsi Maluku, dalam rilisnya kepada media ini, Rabu (18/10).

Berdasarkan hasil Survey Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2016, tingkat literasi dan inklusi keuangan masyarakat untuk sektor perasuransian hanya sebesar 15,76 persen dan 12,08 persen.

Angka tersebut berada di bawah rata-rata tingkat literasi dan inklusi keuangan secara umum yang berada di tingkat 29,66 persen dan 67.82 persen.

Penyerahan buku berisi materi-materi pengenalan OJK dan Industri Jasa Keuangan baik itu Perbankan, Pasar Modal, Perasuransian, Dana Pensiun, Pergadaian dan Lembaga Pembiayaan
“Selisih penilaian ini terjadi karena masih minimnya pemahaman masyarakat akan asuransi,” sambungnya.

Tema Insurance Day 2017 adalah “Indonesia Berasuransi” dengan mengangkat sub tema Cerdas, Sejahtera, Mandiri.

Tema tersebut menggambarkan tujuan bersama dalam meningkatkan pemahaman asuransi. Khususnya, untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dalam mendorong ketersediaan akses dan  layanan keuangan yang  menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Kegiatan sosialisasi yang digelar serempak pada tanggal 18 Oktober 2017 ini diikuti kurang lebih 22 (dua puluh dua) perusahaan Asuransi dan perusahaan Penjaminan yang memiliki jaringan kantor di Provinsi Maluku serta OJK Provinsi Maluku dengan melibatkan sekitar 24 Institusi pendidikan SMA dan Madrasah Aliyah di Kota Ambon.

Masing-masing sekolah juga diberikan buku Mengenal OJK dan Industri Jasa Keuangan yang ditujukan untuk pelajar di tingkat SMA.

Buku ini berisi materi-materi pengenalan OJK dan Industri Jasa Keuangan, baik itu Perbankan, Pasar Modal, Perasuransian, Dana Pensiun, Pergadaian dan Lembaga Pembiayaan.

Kegiatan edukasi ini merupakan salah satu rangkaian acara Bulan Inklusi Keuangan di Provinsi Maluku yang selalu dirayakan di bulan Oktober setiap tahunnya, di samping kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan oleh lembaga jasa keuangan baik di sektor Perbankan, Pasar Modal dan Industri Keuangan Non Bank

Hermanto berharap kegiatan edukasi keuangan dalam rangka Insurance Day ini dapat meningkatkan tingkat literasi dan inklusi keuangan masyarakat terutama terhadap Asuransi dan Penjaminan.

(dp-19)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi