News Ticker

Jelang 1 Mei, Pemkot Gelar Rakor Bersama Polresta - Kodim 1701 Jpr

Dalam rangka memperingati 52 tahun kembalinya Irian Barat ke NKRI pada 1 Mei nanti, Pemerintah kota Jayapura menggelar rapat koordinasi bersama Kodim 1701 dan Polres Jayapura kota, yang dilaksanakan di ruang rapat Walikota, Senin (20/4).
Share it:
DR. Benhur Tommi Mano, MM
Jayapura, Dharapos.com
Dalam rangka memperingati 52 tahun kembalinya Irian Barat ke NKRI pada 1 Mei nanti, Pemerintah kota Jayapura menggelar rapat koordinasi bersama Kodim 1701 dan Polres Jayapura kota, yang dilaksanakan di ruang rapat Walikota, Senin (20/4).

Rakor tersebut dihadiri Walikota Jayapura, Dandim 1701 dan Kapolres Jayapura Kota, Sekretaris Kota, pimpinan SKPD, kepala Distrik dan kepala Kelurahan.

Kegiatan yang terutama akan dilaksanakan pada hari “H” tersebut yakni pelaksanaan upacara bendera serta pawai yang rutenya dimulai dari taman Imbi melewati depan Polres – Sip -jalan Percetakan - depan hotel Yasmin- memutar Taman KB - dan kembali ke taman Imbi.

Selain itu juga akan digelar pawai mobil hias yang akan melewati beberapa kawasan yakni Argapura - tanjakan Tasangka - depan Polsek/PTC- Naik Skyland - Jalan Baru - Tanah Hitam - Lingkaran Abe dan kembali menuju taman Imbi.

Walikota DR.Benhur Tomi Mano.MM kepada Dharapos.com usai melakukan Rakor mengungkapkan kegiatan yang akan dilakukan adalah dalam rangka memperingati kembalinya Irian Barat ke pangkuan NKRI pada tanggal 1 Mei.

Terkait dengan hal itu, maka telah dibentuk panitia dari unsur Muspida, Polres dan Kodim dengan inti perayaan yakni ingin memperkenalkan kepada masyarakat, para pahlawan nasional asal Papua seperti Marten Indey, Silas Papare, Frans Kaisiepo.

“Yang mana mereka juga merupakan para pahlawan yang turut memperjuangkan NKRI bagi para generasi penerus bangsa dan kita ingin meluruskan sejarah agar sejarah jangan diputarbalikan,” ungkapnya.

Peringatan tersebut, lanjut Walikota, adalah untuk membangkitkan rasa Nasionalisme kepada generasi penerus sesuai empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Lewat rasa kebangsaan dan jiwa patriotisme sehingga sekali NKRI tetap NKRI,” cetus Walikota.

Ditambahkan, penerus generasi bangsa harus dapat mengetahui sejarah dengan baik, dan tidak diputarbalikan fakta sejarah dari generasi saat ini agar mereka dapat melanjutkannya sebagai tongkat estafet seperti 4 pahlawan asal Papua yang telah mendahului.

Peserta rakor bersama
Pada kesempatan yang sama komandan Kodim 1701 Jayapura Letkol Inf. A. Yoyok Pranowo, juga mengemukakan, Kodim dalam pengamanan nanti akan melakukan koordinasi dengan aparat Intelijen yang ada di daerah serta membantu memback-up tugas kepolisian dalam pengamanan.

“Kita optimis pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar,” tandasnya optimis.
Seluruh personil Kodim, lanjut Dandim, akan disiagakan baik di kota, kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Keerom.

Sementara, Kapolresta Jayapura,  AKBP. Jeremias Rontini, pada kesempatan yang sama juga menjelaskan dalam Rapat tersebut juga telah dibentuk panitia peringatan mengingat waktunya sudah sangat mepet dan upacara akan dipusatkan di depan gedung kesenian karena lokasi tersebut merupakan tempat yang sangat bersejarah bagi orang Papua.

“Karena lokasi tersebut merupakan lokasi pertama penentuan Irian Barat balik ke pangkuan NKRI,” jelasnya.

Terkait masalah keamanan pada tanggal 1 Mei nanti, sambung Kapolres, Polres jayapura kota sendiri telah membuat seksi keamanan di bawah kendali Kabag Ops untuk mengcover seluruh area tempat berlangsungnya kegiatan 1 Mei.

“Termasuk upacara sendiri serta rute yang akan menjadi lintasan pawai masyarakat dan pawai mobil hias,” tandasnya.
 
(Harlet)
Share it:

PAPUA

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi