News Ticker

Walikota Minta Sekolah Harus Dekat Dengan Pers

Pihak sekolah baik itu guru, dan kepala sekolah harus dekat dengan pers agar dapat menginformasikan perkembangan atau keberhasilan yang di capai di sekolah
Share it:
Dr. Benhur Tommi Mano, MM
Jayapura, Dharapos.com
Walikota Jayapura Dr. Benhur Tommi Mano, MM meminta kepada sekolah harus dekat dengan pers.

“Pihak sekolah baik itu guru, dan kepala sekolah harus dekat dengan pers agar dapat menginformasikan perkembangan atau keberhasilan yang di capai di sekolah sehingga publik dapat mengetahui perkembangan sekolah seperti apa,” ungkapnya kepada para peserta Rakernis yang digelar pada Rabu (18/3).

Selain itu, perlu juga dipublikasikan para siswa yang berhasil atau IP bagus atau ada siswa pada sekolah yang bersangkutan terpilih untuk mengikuti lomba di tingkat nasional maupun Internasional.

“Hal-hal seperti ini perlu untuk di ekspose. Dan, salah satu sekolah SMA di kota Jayapura yang bagus menurut saya yakni SMA Buper,” cetusnya.

Walikota membeberkan, ada juga kepala sekolah yang tidak dekat dengan pers bahkan ada juga yang kaget dengan pers ketika hendak dikonfirmasi terkait sebuah masalah atau persoalan. Padahal Pers mempunyai fungsi pengawasan terhadap birokrasi.

“Tugas pers juga untuk memublikasikan setiap hal yang baik maupun yang tidak baik yang terjadi di sekolah dan bukan menginformasikan hal-hal yang membuat bapak asal senang akan tetapi pers menjalankan fungsinya sebagai fungsi pengawasan,” bebernya.

Terkait hal tersebut, telah di atur secara jelas dalam UU Pers No 40 Tahun 1999 yang berisi tentang keterbukaan informasi publik.

Walikota telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk tidak alergi dengan pers, atau takut dengan wartawan karena wartawan setiap melakukan peliputan harus melakukan konfirmasi ke pejabat yang ada di Pemkot dalam mencari berita.

“Dan apabila ada hal-hal yan g miring dalam pemberitaan maka haruslah diterima dan mengoreksi diri apa yang menjadi kesalahan dan kekurangan. Sehingga informasi terkait perkembangan sekolah harus dipublikasikan,” pungkasnya.
 
(Harlet)
Share it:

PAPUA

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi