KPPN Saumlaki Gelar Treasury Goes to School Sambut Hari Bakti Perbendaharaan 2018

Dalam rangka menyambut Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2018, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) tipe A2 Saumlaki menggelar kegiatan “Treasury Goes to School atau Perbendaharaan Menyapa”.
Share it:
Kepala Kantor KPPN Saumlaki, Teguh Irwono saat memberikan sambutan pada acara “Treasury Goes to
School atau Perbendaharaan Menyapa” bertempat di SMAN 1 Kecamatan Tansel, Selasa (9/1)
Saumlaki, Dharapos.com 
Dalam rangka menyambut Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2018, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) tipe A2 Saumlaki menggelar kegiatan “Treasury Goes to School atau Perbendaharaan Menyapa”.

Ajang tersebut ditujukan kepada lebih dari 100 orang perwakilan siswa dan siswi kelas X,XI dan XII SMA Negeri 1 Kecamatan Tanimbar Selatan di Saumlaki, Selasa (9/1).

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Kantor KPPN Saumlaki, Teguh Irwono dan didampingi Kepala Sub Bagian Umum Saiful, Kepala Seksi Bank Sutrisno, serta Treasury Manajemen Representatif KPPN Saumlaki Muhamad Riswan Bayu Sagoro maupun sejumlah staf.

“Ada kegiatan Internal dan eksternal yang akan kami gelar dalam rangka Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2018, dimana salah satunya adalah kegiatan perbendaharaan menyapa yang dilaksanakan saat ini,” urai Teguh saat membuka kegiatan tersebut.

Dia menyatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan memperkenalkan pengelolaan perekonomian untuk mencapai tujuan Negara dengan materi seputar peranan Ditjen Perbendaharaan dalam pembangunan nasional, perkenalan KPPN Saumlaki dengan tugas pokok dan fungsi serta peranannya didalam pembangunan di daerah ini.

Usai membuka kegiatan tersebut, dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi oleh Treasury Manajemen Representatif KPPN Saumlaki, Muhamad Riswan Bayu Sagoro.

Riswan dalam materinya mengajarkan kepada peserta yang hadir tentang kedudukan Ditjen Perbendaharaan Nasional dalam kaitannya dengan pembangunan nasional dan kedudukan KPPN Saumlaki sebagai salah satu instansi vertikal disertai tugas KPPN dalam kaitannya dengan pembangunan di Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Dari kiri ke kanan : Kepala KPPN, Kepala Seksi Bank dan Kepala Sub Bagian Umum
Kegiatan perbendaharaan mengajar yang dilakukan itu mendapat sambutan positif dari para siswa dan siswi.

“Kami sangat berterima kasih karena Bapak-bapak dari KPPN Saumlaki yang telah datang dan menambahkan  ilmu kepada kami, teristimewa saya selaku Bendahara tentang bagaimana mengelolah keuangan. Kami juga telah mengerti tentang APBN dan tentang tugas pokok dari KPPN,” ucap Nany Watumlawar, yang juga Bendaraha Badan Pengurus OSIS seusai kegiatan.

Ones, siswa kelas XII serta Barce Bulurdity,siswa kelas X mengakui jika secara umum mereka memperoleh inspirasi karena mengetahui dengan jelas apa itu APBN dan bagaimana pengelolaan keuangan Negara baik di tingkat pusat maupun daerah.

Mereka berharap agar kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan saat itu melainkan terus dilakukan di waktu-waktu mendatang.

Teristimewa, pihak KPPN diminta memberikan penjelasan jika pihak sekolah membutuhkan penjelasan terkait proses pengelolaan keuangan negara, serta terkait proses seleksi masuk pegawai di lingkup Kementrian Keuangan RI.

Usai kegiatan tersebut, Teguh Irwono menyatakan bahwa selain kegiatan itu pihaknya juga akan menggelar sejumlah kegiatan lainnya menyongsong Hari Bakti Perbendaharaan 2018 yang jatuh pada 14 Januari.

Foto bersama
Diantaranya, kegiatan internal adalah Tasyakuran di Hari Bakti Perbendaharaan yang akan dilaksanakan pada 24 Januari mendatang dengan melibatkan sejumlah Satuan Kerja (Satker) pilihan dan Pemkab.

Kemudian kegiatan Image Branding Ditjen Perbendaharaan serta desiminasi kepada masyarakat seperti kontribusi penulisan artikel di media lokal dan website, serta jalan sehat dengan melibatkan sejumlah mitra kerja yang akan dilaksanakan pada 12 Januari.

“Selain itu kami akan melaksanakan program perbendaharaan menulis dimana sedang direncanakan untuk dilaksanakan lomba menulis bagi siswa dan siswi SMA/SMK dengan tema program perbendaharaan dalam rangka pembangunan negeri ini,” tandasnya.

Selanjutnya pihaknya juga melaksanakan kegiatan perbendaharaan berbagi yakni mengunjungi pensiunan KPPN tahun 2009 yang berdomisili di desa Lorulun, kecamatan Wertamrian usai kegiatan “Treasury Goes to School atau Perbendaharaan Menyapa”.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan santunan dan menjalin silaturahmi dengan para pensiunan.

“Kegiatan lain yang akan kami lakukan adalah perbendaharaan peduli lingkungan dimana akan kami lakukan penanaman pohon di lingkungan kantor KPPN Saumlaki,” tukasnya.

(dp-18)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi