News Ticker

Pemkab Belum Terima Kepastian Waktu Seleksi CPNS di MTB

Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) hingga kini belum memperoleh kepastian waktu soal kapan dibukanya pendaftaran hingga seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017.
Share it:
Kepala BKPSDM MTB, Juliana Ongirwalu 
Saumlaki, Dharapos.com
Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) hingga kini belum memperoleh kepastian waktu soal kapan dibukanya pendaftaran hingga  seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017.

Meskipun semula telah ada persetujuan tentang jumlah kuota bagi wilayah itu oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

“Bupati sudah langsung bertemu dengan Menteri PAN-RB terkait dengan kapan diberlakukannya seleksi di MTB namun untuk beberapa saat ini berdasarkan agenda Pempus, masih dilaksanakan seleksi CPNS untuk 61 Kementrian dan Lembaga yang dilaksanakan di BKN Jakarta dan Surabaya sehingga kalau sudah selesai baru giliran seleksi CPNS untuk tingkat daerah” kata Juliana Ongirwalu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) MTB di Saumlaki, Rabu (15/11).

Dia menyatakan, Pemkab MTB tetap akan melaksanakan seleksi CPNS dalam waktu dekat karena telah ada kepastian kuota berdasarkan formasi yang ditetapkan oleh KemenPAN-RB.

Penjelasan ini menurutnya sebagai jawaban terhadap pertanyaan para pencari kerja yang selalu bertanya tentang kepastian waktu dibukanya pendaftaran hingga seleksi CPNS di MTB.

“Jadi pada prinsipnya tetap akan dilaksanakan, hanya waktu pelaksanaannya saja yang belum disampaikan sehingga kita masih menunggu pemberitahuan resmi dari KemenPAN-RB tentang waktu penerimaan dan seleksi CPNS di MTB,” urainya.

Meski demikian, Pemkab MTB tetap menghimbau kepada para calon pelamar untuk terus mempersiapkan diri sebelum dibukanya pendaftaran.

Persiapan dimaksud seperti menyiapkan syarat normatif yang akan disampaikan oleh panitia seleksi, belajar, hingga kesiapan teknis lain seperti penguasaan peralatan komputer.

“Pengalaman pada seleksi CPNS tahun 2014 itu kita dikasih kuota hanya 61 tetapi ternyata hanya 34 orang yang lulus seleksi dan sisanya terbuang. Nah, sekarang ini kita punya kuota ada 536 jangan sampai mubazir lagi, karena itu saya himbau untuk adik-adik para calon pelamar agar belajar,” tambahnya.

Sebelumnya Sekretaris Daerah MTB, Piterson Rangkoratat menyatakan bahwa kuota CPNS tahun ini untuk MTB adalah 536 orang yang terdiri dari 280-an untuk jatah tenaga kependidikan, 100 lebih untuk jatah tenaga pendidik serta sisanya untuk SKPD teknis.

Terkait lulusan nanti, akan ada penempatan sesuai kebutuhan yang telah diusulkan dan ditetapkan dalam formasi pengangkatan CPNS tahun 2017 oleh pemerintah Pusat yakni penempatan pegawai dari lingkungan pemerintah kabupaten hingga kecamatan dan desa.

Secara teknis, Pemkab akan mempermudah proses kerja bagi para pelamar yakni akan menyiapkan sejumlah tempat dengan fasilitas komputer dan layanan internet yang memadai.

Termasuk akan melakukan pelatihan bagi para pelamar sebelum pendaftaran dibuka, dengan materi tentang pengetahuan teknis seputar proses pendaftaran hingga proses seleksi.

(dp-18)
Share it:

Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi