News Ticker

Sail Darwin Saumlaki kembali Digelar

Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekokraf) setempat kembali menggelar Sail Darwin – Saumlaki atau Yacht Race Darwin Saumlaki tahun 2017 setelah dua tahun terakhir ivent tahunan itu tidak dilaksanakan.
Share it:
4 perahu layar peserta Yacht Race Darwin Saumlaki Tahun 2017 telah tiba 
Saumlaki, Dharapos.com 
Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekokraf) setempat kembali menggelar Sail Darwin – Saumlaki atau Yacht Race Darwin Saumlaki tahun 2017 setelah dua tahun terakhir ivent tahunan itu tidak dilaksanakan.

Kepala Disparekokraf MTB Mynrik Batlolona menyatakan bahwa pelaksanaan kegiatan Sail Darwin Saumlaki tahun ini sepaket dengan kegiatan lain dalam program “Pesona Tanimbar”.

Yakni Gebyar wisata dan budaya Tanimbar yang telah dilaksanakan pekan lalu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) MTB ke-18, Sail Darwin Saumlaki dan Pesta Teluk dimana berpuncak di desa Matakus, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kamis (19/10).

“Sail Darwin Saumlaki ini merupakan inisiatif dari para yachter di Darwin yang meminta kami untuk kalau dapat kegiatan Sail Darwin Saumlaki kembali digelar, dan karena Bupati telah merestui dibukanya kembali kegiatan ini maka dilaksanakan saat ini,” uraiya di Saumlaki, Selasa (17/10).

Dikatakan, sesuai rencana awal ada 10 perahu layar yang berencana mengikuti Sail Darwin Saumlaki 2017, namun terkendala sejumlah persoalan teknis maka hanya ada 5 perahu layar yang telah berlayar dari Darwin menuju Saumlaki.

Pasukan TNI AL turut melakukan pengawalan terhadap para peserta
Hingga Selasa sore, tercatat sudah ada empat perahu layar yang telah tiba dan saat ini berlabuh di perairan teluk Saumlaki.

Diantaranya, Perahu Vitamen B dengan nakhoda Steve Winspear (tiga orang ABK yakni Steve, Clancy dan Francis).

Kemudian, perahu Church key dengan nahkoda Michael (dua orang ABK yakni Michael, Tom Screffigas), perahu Morakat dengan nahkoda Wayne Lisle Bateman ( empat orang ABK yakni  Wayne, Murray, Nicoulas, Wirrman Gay), dan perahu Kuching dengan nahkoda Nigel Bruce (lima orang ABK yakni  Bruse, Mary, Brendan, Roy, Elizabeth).

Sementara perahu dengan nama Avango yang memiliki lima orang crew saat ini sedang dalam pelayaran menuju Saumlaki.

“Selama di Saumlaki nanti kita akan libatkan untuk menghadiri sejumlah kegiatan seperti Pesta Teluk Saumlaki dengan sejumlah lomba seperti lomba voli pantai, lomba perahu layar, dan perahu kole-kole yang bertempat di Matakus dan juga akan mengikuti Fashion Show Pesona Tenun Tanimbar yang berlangsung di Saumlaki esok sore,” bebernya.

Mynrik menambahkan pula bahwa lomba voli pantai tersebut dimeriahkan oleh hampir seratus klub yang berasal dari dalam dan luar daerah MTB.

Personel dari beberapa instansi terkait turut terlibat dalam kegiatan Yacht Race Darwin Saumlaki Tahun 2017
Dia memastikan bahwa kegiatan ini akan dikemas secara baik dan memberikan kesan yang baik bagi para yachter sehingga di tahun mendatang akan mendorong semakin banyak peserta yang mau berkunjung ke MTB.

Sesuai pantauan, setelah empat perahu layar memasuki wilayah MTB, proses pengamanan terkait pengawalan dan penyambutan telah dilakukan oleh sejumlah pihak.

Salah satunya, TNI AL Pangkalan Saumlaki yang menugaskan KAL Nustual dan dua Tim EFQR yang terdiri dari tim Alfa atau tim Layang satu serta Tim Bravo atau tim Layang dua (masing-masing  tim beranggota empat personil termasuk motoris PK ) yang melakukan penyambutan dan pengawalan serta
patroli di sekitaran tempat perahu-perahu layar.

Sementara pengamanan aspek darat  terdiri dari tim Custom, imigrasi dan karantina yang bertugas untuk melakukan imigration cleareance, serta pengawasan selama pemeriksaan.

(dp-18)
Share it:

Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi