News Ticker

Bangun Komitmen Siapkan Masyarakat Hadapi Bencana, YPM Gelar Diseminasi Buku Panduan Sphere

Usai melakukan refleksi dan evaluasi tahunan awal Januari 2023, Yayasan Pelangi Maluku (YPM) memiliki sebuah komitmen untuk melakukan beberapa kegiat
Share it:


Ambon, Dharapos.com
- Usai melakukan refleksi dan evaluasi tahunan awal Januari  2023, Yayasan Pelangi Maluku (YPM) memiliki sebuah komitmen untuk melakukan beberapa kegiatan terutama dalam kaitan mempersiapkan masyarakat menghadapi kebencanaan.

Olehnya itu, YPM bersama komunitas, relawan dan pers di Hotel Golden Palace Ambon, Jumat (20/01/2023) kemarin melakukan diseminasi tentang buku Panduan Sphere terutama bidang kesehatan.

"Proses ini membuat peserta mendapatkan referensi tentang Piagam Kemanusiaan dan standar-standar minimum dalam respons kemanusiaan, yang menjadi bagian dari buku pegangan Sphere," ungkap Direktur YPM, Rosano Pentury dalam rilis yang diberikan kepada media ini, Senin (23/1/2023).

Dikatakan, Proyek Spare dibentuk pada tahun 1997, oleh sekelompok organisasi kemanusiaan non pemerintah, Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.

"Tujuannya, tentu untuk meningkatkan mutu respons kemanusiaan mereka serta membuat kegiatan tersebut bersifat akuntabel," ujarnya.

Filosofi Spare, lanjut dia, terbagi berdasarkan 2 keyakinan inti. Pertama, orang yang terdampak oleh bencana atau konflik memiliki hak untuk hidup dengan bermartabat dan karena itu mempunyai hak untuk memperoleh bantuan.

"Kedua, semua langkah-langkah yang memungkinkan, harus diambil untuk mengurangi penderitaan manusia akibat bencana atau konflik," tandasnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan diseminasi buku panduan tersebut, Fasilitator Sphere, Alvin Siahaya dan FP, Max Pentury dengan apik memperkenalkan garis-garis besar perlunya mengetahui informasi tentang buku pegangan sphere ini, khususnya sektor kesehatan yang menjadi agenda hari ini.

Kegiatan juga di hadiri langsung oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Ambon,  Rems Talle.

(dp-53)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi