News Ticker

Ikut Gerakan Pengendalian Inflasi Pangan, Pangdam Pattimura Tanam Cabai dan Bawang Merah

Share it:


Ambon, Dharapos.com
- Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, menghadiri acara Pencanangan Gerakan Pengendalian Inflasi Pangan Provinsi Maluku.

Giat bertempat di Kebun Kelompok Tani Mutiara Pattimura, Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Selasa (20/9/2022).

Pencanangan yang digelar berdasarkan hasil kerjasama Pemerintah Provinsi Maluku, dalam hal ini Dinas Pertanian setempat bersama Kodam XVI/Pattimura, Unpatti  dan instansi lainnya ini telah berjalan dan fokus pada tanaman holtikultura seperti kacang panjang, terong, tomat, gambas, labu siam, cabai dan bawang merah.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkuat kemampuan wilayah dalam menyediakan pangan bagi masyarakat Maluku, serta memaksimalkan produksi dari produk unggulan pertanian yang menjadi konsumsi utama bagi masyarakat.

"Kegiatan ini adalah langkah strategis untuk mendukung sektor pertanian yang dibutuhkan masyarakat. Upaya ini dapat menopang ekonomi masyarakat dan laju inflasi tidak terlalu berdampak pada ekonomi masyarakat, serta usaha di bidang pertanian juga dapat ditingkatkan," ungkap Pangdam.

Ia mengaku, Kodam XVI Pattimura telah berkomitmen untuk berkontribusi dalam menyukseskan program Pemerintah Provinsi Maluku dalam pengendalian inflasi pangan.

"Kodam akan senantiasa membantu tercapainya program pembangunan di daerah baik pada aspek kemananan maupun kesejahteraan," imbuhnya.

Untuk diketahui, dalam gelaran acara tersebut, orang nomor 1 Kodam XVI/Pattimura ini juga turut serta dalam menanam cabai dan bawang merah yang diikuti oleh sejumlah pejabat diantaranya Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, Kajati Maluku Edyward Kaban, Danrem 151/ Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan, dan pejabat Forkopimda Provinsi Maluku.

Selain penanaman cabai dan bawang merah, disekitar lokasi juga terdapat pameran produk olahan pangan, booth sayur mayur, telur, beras dan kebutuhan pokok lainnya yang dapat dibeli oleh masyarakat.

Pada kesempatan itu juga dibagikan 127 ribu bibit cabai  dalam polibag kepada kelompok masyarakat, sekolah, instansi pemerintah, kampus Unpatti, kelompok PKK serta kelompok penerima lainnya untuk dikembangkan secara mandiri di lingkungan masing-masing.

(dp-53)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi