News Ticker

Lantik Pengurus DWP Kepulauan Tanimbar, Ini Pesan Sekda Ruben

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar Ruben Benharvioto Moriolkosu melantik pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) setempat di gedung keseni
Share it:

Sekda Ruben Benharvioto Moriolkosu saat melantik pengurus DWP Kabupaten Kepulauan Tanimbar di gedung kesenian Saumlaki, Kamis (23/6/2022)

Saumlaki, Dharapos.com
- Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar Ruben Benharvioto Moriolkosu melantik pengurus  Dharma Wanita Persatuan (DWP) setempat di gedung kesenian Saumlaki, Kamis (23/6/2022).

Dalam sambutannya Sekda Ruben mengatakan pentingnya meningkatkan kesejahteraan dengan cara  memberdayakan kaum perempuan melalui wadah atau organisasi seperti DWP atau organisasi perempuan lainnya.

"Kaum perempuan sejati memiliki andil besar bagi terciptanya kesejahteraan masyarakat pada suatu daerah," ungkapnya.

Sekda juga menyadari jika  pelayanan kepada masyarakat di Tanimbar masih belum optimal, dimana sering kali muncul sebagai masalah sosial yang ikut mempengaruhi tatanan kehidupan pada etika moral dalam kehidupan bermasyarakat. 

Peran kaum perempuan sering kali terabaikan serta masih minimnya pemberian peran  terhadap perempuan dalam melaksanakan pembangunan. Di sisi lain, mereka dituntut untuk harus memperhatikan tugas-tugas domestik, sebagai kaum hawa melaksanakan tugas sebagai istri sekaligus seorang ibu bagi anak-anak dan mengurus keluarga di rumah.

"Saya ingin menyatakan bahwa merupakan suatu tanggung jawab pula bagi ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk berupaya bersama pemerintah baik pusat maupun daerah dalam mereduksi berbagai persoalan sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat," tegasnya.

Sekda mengajak pengurus dan anggota DWP untuk menyusun program-program Dharma Wanita persatuan secara terukur dan simultan dengan melibatkan seluruh anggota maupun komponen masyarakat lain yang berkompeten dalam pencapaian sarana.

Menurutnya, dewasa ini peran kaum wanita sudah semakin sentral bahkan dalam sektor publik banyak wanita yang saat ini menduduki jabatan-jabatan publik tentunya membutuhkan komitmen yang sangat besar terhadap pelaksanaan tugasnya.

Merujuk pada definisinya sebagai organisasi yang diusung untuk tujuan bersama, Dharma Wanita secara umum memiliki tugas pokok yaitu membina anggota, memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan  meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak serta meningkatkan kepedulian sosial dan melakukan pembinaan mental spiritual anggota agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa, berkepribadian serta budi pekerti luhur.

Atas nama pemerintah daerah, dia menyampaikan proviciat atas terselenggaranya rapat kerja anggota dan pengukuhan anggota DWP  Kabupaten Kepulauan Tanimbar serta berharap  eksistensinya memberi manfaat bagi organisasi dan seluruh masyarakat di daerah ini.

"Optimalkan peran wanita sebagai agen  perubahan dalam pembangunan di segala bidang sebagaimana diamanatkan oleh Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga organisasi," pungkasnya.

Ketua DWP Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Ny. Renny Moriolkosu dalam sambutannya menyatakan, tugas pokok dan fungsi  Dharma Wanita secara umum yaitu membina anggota, memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak serta meningkatkan kepedulian sosial dan melakukan pembinaan mental dan spiritual kepada anggota agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa.

"Memasuki tahun ke-3  dari masa bhakti 2019 -2024, DWP Kabupaten Kepulauan Tanimbar baru melaksanakan pengukuhan dan rapat anggota DWP se-kabupaten Kepulauan Tanimbar tahun 2022 saat ini. Walaupun sudah lewat 3 tahun namun tidak ada kata terlambat untuk melaksanakan rapat anggota DWP pada saat ini," katanya.

Pengukuhan dan rapat anggota yang dilaksanakan itu menurutnya berdasarkan  Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga DWP sebagai tindak lanjut musyawarah nasional tahun 2019 yang semestinya harus terlaksana sebagai tindak lanjut daerah yang di selenggarakan setiap lima tahun sekali pada akhir masa bakti kepengurusan.

Kegiatan pengukuhan dan rapat anggota saat ini dapat meningkatkan kualitas sumberdaya anggota keluarga PNS untuk mencapai kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Dikatakan, Dharma Wanita memiliki tugas pokok yaitu"  membina anggota,  memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan, kemampuan dan pengetahuan, menjalan hubungan kerjasama dengan berbagai pihak,  serta meningkatkan kepedulian sosial.

"Program kerja DWP difokuskan kepada peran domestik yaitu memperkuat kapasitas anggota dan ketahanan keluarga ASN, berperan kepada sektor publik dalam bidang ketahanan keluarga secara umum untuk mengacu kepada rencana strategi dan program kerja tahun  2022- 2024 hasil Munas," bebernya.

Dikesempatan itu, Sekda Ruben berpesan kepada pengurus dan anggota DWP untuk tetap berperan aktif menyukseskan program Pemerintah dan terus berkarya bagi masyarakat, bangsa dan negara dengan tetap menjalankan program-program kerjanya untuk memperkuat kapasitas individu, ketahanan keluarga ASN, ketahanan umum dan pembangunan nasional melalui bidang pendidikan, Bidang Ekonomi, dan bidang  sosial budaya.

Di tahun kemarin, DWP Kepulauan Tanimbar telah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan seperti pelaksanaan bhakti sosial di rumah jompo Maria Mediatrix, pemberian sembako bagi ibu-ibu janda  dan anak-anak yatim di Gereja Ebenezer Saumlaki dan sebagainya.

Selain itu, mereka telah bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk menerbitkan 150 Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak-anak ASN.


Pewarta : Novie Kotngoran

Share it:

Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi