News Ticker

Hadiri Peletakan Lunas Kapal KMP Aru 01 - 02 di Pasuruan, Ini Harapan Bupati Aru

Bupati Kepulauan Aru dr. Johan Gonga yang didampingi Kepala Dinas Perhubungan Edwin Pattinasarani mengikuti acara Keel Laying atau Peletakan Lunas, Pe
Share it:

Bupati Aru dr. Johan Gonga saat mengikuti acara Keel Laying atau Peletakan Lunas, Pembangunan KMP. Aru Maju 01 dan KMP. Aru Maju 02, pada salah satu Galangan Kapal di Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (23/6/2022)

Dobo, Dharapos.com
- Bupati Kepulauan Aru dr. Johan Gonga yang didampingi Kepala Dinas Perhubungan Edwin Pattinasarani mengikuti acara Keel Laying atau Peletakan Lunas, Pembangunan KMP. Aru Maju 01 dan KMP. Aru Maju 02, pada salah satu Galangan Kapal di Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (23/6/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur PT. Trisetia Cipta Persada, Kepala BPTD Wilayah XI Jawa Timur, Perwakilan BKI Jawa Timur dan Direktur PT. Grafindo Multi Sejahtera selaku Konsultan Pengawasan.

Bupati Gonga dalam sambutanya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik inisiasi Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Aru dalam mengimplementasikan pencapaian Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Masa Bhakti 2021- 2026 di Bidang Perhubungan.

“Saya mengajak kita semua mengucap syukur karena bisa dipertemukan ditempat ini, dalam rangka menghadiri agenda penting dan strategis terkait pembangunan Bus Air Roro KMP. Aru Maju 01 dan KMP Aru Maju 02,” ucap Bupati dalam rilis yang diterima Dharapos.com, Kamis (23/6/2022).

Ia selanjutnya menggambarkan karakteristik wilayah Kabupaten Kepulauan Aru yang terdiri dari 547 buah Pulau dan 8 diantaranya adalah Pulau-pulau Kecil Terluar, sekaligus sebagai Beranda Depan NKRI dengan negara tetangga Australia.

Sementara itu, infrastruktur jalan masih belum dapat menghubungkan 89 buah Pulau Berpenghuni, yang secara administratif terdiri dari 10 Kecamatan dan 119 Desa/Kelurahan.

Kondisi ini telah memberikan dampak negatif bagi akselerasi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Sebelum kami menjabat sebagai Bupati di Periode pertama, masa pengabdian 2016-2021, belum ada sarana transportasi reguler yang menghubungkan antara desa ke kecamatan, maupun kecamatan ke Ibu Kota Kabupaten,” terang Bupati.

Oleh sebab itu, lanjut dia, untuk menyikapi kondisi tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Aru dibawah pimpinan dirinya dan Wakil Bupati Muin Sogalrey, lebih menempatkan isu perhubungan menjadi salah satu main stream dalam menyusun Visi Misi Kabupaten Kepulauan Aru.


“Dan hal ini diimplementasikan secara baik oleh Dinas Perhubungan, dengan memulai penyediaan transportasi reguler yang menggunakan Kapal milik Pemerintah Daerah, sehingga dapat menghubungkan 51 titik singgah di Kepulauan Aru,” akui Bupati 2 Periode itu.

Kendati demikian, secara prosentase, Gonga mengaku memang masih sangat jauh dari memadai, sehingga perlu adanya terobosan maupun lompatan-lompatan strategis untuk dapat memenuhi kebutuhan sarana transportasi yang aman, handal dan bermartabat, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Bupati berharap agar pembangunan 2 unit Kapal jenis Ferry, yang nantinya akan menjadi kebanggaan orang Aru ini, kiranya dapat dituntaskan sesuai dengan target yang telah ditetapkan dalam kontrak, sehingga secepatnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di Kabupaten Kepulauan Aru.

“Pembangunan Bus Air Roro ini adalah momentum pertama, tapi bukan yang terakhir. Ini sebagai bagian dari komitmen saya selaku Bupati Kepulauan Aru untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat di Bumi Mutiara Indah - Cenderawasih Lestari yang tercinta,” pungkasnya.

Perlu diketahui, sebagaimana rilis yang diterima media ini dari Deputi IV Tenaga Ahli Bupati Bidang Komunikasi dan Informasi, Maichel Koipuy, mengatakan, anggaran untuk pembuatan 2 Kapal tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), yaitu DAK Penugasan Bidang Transportasi Perairan, Kementerian Perhubungan Tahun Anggaran 2022.

Konstruksi Katamaran dua Kapal tersebut dibangun menggunakan material Aluminium, dengan kapasitas atau daya tampung Penumpang bisa 122 orang tanpa Kendaraan dan/atau 88 orang dengan Kendaraan Minibus.

KMP. Aru Maju 01 dan KMP. Aru Maju 02 direncanakan akan melayani Rute Dobo - Benjina dan Dobo - Lamerang.

(dp-31)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi