Bupati MTB Lantik 8 Kades dan 11 Kepsek

Bertempat di Pendopo Kediaman Dinas Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB), Selasa (8/1/2019), telah dilaksanakan Pengambilan Sumpah/Janji, Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kepala Desa serta Kepala Sekolah dalam lingkup Pemerintah Daerah setempat.
Share it:
Prosesi pengambilan sumpah/janji 8 Kades terpilih dipimpin Bupati Petrus Fatlolon
Saumlaki, Dharapos.com - Bertempat di Pendopo Kediaman Dinas Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB), Selasa (8/1/2019), telah dilaksanakan Pengambilan Sumpah/Janji, Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kepala Desa serta Kepala Sekolah dalam lingkup Pemerintah Daerah setempat.

Prosesi pelantikan 8 Kades dan 11 Kepsek dipimpin langsung Bupati setempat Petrus Fatlolon, SH, MH.

Adapun Kades yang dilantik masing-masing Fredy Turalely (Kades Matakus), Theo Malisngorar (Kepala Desa Namtabung), Yohanis Bwarleling (Kepala Desa Lorulun) dan Nikodemus Wuarlela (Kepala Desa Watmasa).

Kemudian, Y. Hasim Assaggaf (Kepala Desa Karatat), Imanuel Watwahan (Kepala Desa Abat), Jamaludin Sahabudin (Kepala Desa Labobar) serta Jansen Nuswarat (Kepala Desa Lingada).

Sedangkan 11 Kepsek yang dilantik masing-masing Paulus S.Euraple, S.Pd (Kepala SMPN 3 Wuarlabobar), Yosep Wardity, S.Th, Pd (Kepala SMPN 3 Tanimbar Utara), Bruno Mampesy (Kepala SMP St.Paulus Saumlaki), dan Paulus Lamere (Kepala SMP St.Agustinus Sangliat).

Kemudian, Martje Luanmase (Kepala SD Werturleli Latdalam), Barak Refwalu (Kepala SD Negeri 1 Seira), L.Elisabeth Leisina, S.Pd, Sd (Kepala SD Naskat 2 St. Yosep Lauran) dan Lipton Ratila (Kepala SD Kristen Wadankou).

Selanjutnya, Patrisius Sunlety (Kepala SD Naskat 1 Sta.Teresia Arui Bab), Petrus Koryesin (Kepala SD Naskat Lorwembun) serta Catharina Heatubun, S.Pd (Kepsek PAUD Mathilda Batlayeri Sifnana).

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penunjukkan sejumlah Guru Madya untuk menjalankan tugas sebagai Plt. Kepsek pada 8 sekolah. 

Bupati dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan proses pemilihan sampai pelantikan Kepala Desa serentak di wilayah tersebut.

“Proses pemilihan Kepala Desa sudah selesai, dan oleh karena itu hendaklah tidak ada lagi musuh dan lawan. Selalu melibatkan teman yang tidak lolos dalam pemilihan dalam pengambilan keputusan program pembangunan di desa,” pesannya kepada para Kades terpilih.

Diharapkan para Kades agar bekerja dengan baik karena dana desa yang diterima nanti sangat besar. 

Prosesi pengambilan sumpah/janji para Kepsek yang dipimpin Bupati Petrus Fatlolon
Pemda pun telah bekerja sama dengan Kejaksaan dalam rangka pengawasan pemakaian anggaran bagi pembangunan desa. 

“Berkoordinasilah dengan tokoh-tokoh di desa untuk memperlancar program desa dengan baik,” imbuhnya.

Bupati juga mengingatkan bahwa dalam beberapa bukan kedepan akan diselenggarakan pemilihan Presiden – Wapres serta pemilihan anggota DPR-RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, 

“Mari kita pakai hak suara kita dan pilih wakil-wakil rakyat yang sesuai dengan keinginan dari masing-masing orang. Jangan ada intimidasi dan jangan ada pengaruh dari pihak-pihak tertentu. ASN harus bersikap netral dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan,” ajaknya.

Kepada para Kepsek yang baru dilantik, Bupati mendorong diadakannya pelajaran muatan lokal khususnya bahasa daerah setempat. 

“Dalam rangka pergantian nama kabupaten dari MTB menjadi Kepulauan Tanimbar, maka saya minta ke para Kepala Sekolah harus ada pelajaran muatan lokal, khususnya bahasa daerah agar tetap lestari,” dorongnya. 

Bupati juga mengingatkan para Kepsek agar dapat mengelolah anggaran sekolah dengan baik.

“Jangan sampai karena mengelolah dana yang besar maka kepala sekolahnya main judi, mabuk-mabukan dan sering jalan,” cetusnya.

Untuk itu, Bupati meminta para Kades untuk melakukan pengawasan kepada para Kepsek, dan laporkan ke Dinas apabila ada yang sering main judi, mabuk atau sering tinggalkan tempat tugas. 

“Saya juga akan memerintahkan pada Camat untuk memberikan pengawasan kepada para guru dan kepala sekolah,” tegasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1507/Saumlaki, Letkol Inf. Rahmad Saerudin, S.IP, Wakapolres MTB, Kompol Lodivicus Tethool, SH, MH, Wakil Ketua II DPRD MTB, Ema Labobar, Sekda MTB, Piterson Rangkoratat, SH dan pejabat lainnya serta para tamu undangan.

(dp-18)
Share it:

Maluku Tenggara Barat

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi