News Ticker

Pertumbuhan Ekonomi Papua Harus Ditingkatkan

Pemerintah Provinsi Papua meminta pengurus Dinas Koperasi dan UMKM untuk berbuat sesuatu demi peningkatan ekonomi dengan lebih mengedepankan jiwa wirausaha guna bersaing secara kompetitif di pasar lokal, yang tentunya berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah.
Share it:
Papua, Dharapos.com
Pemerintah Provinsi Papua meminta pengurus Dinas Koperasi dan UMKM untuk berbuat sesuatu demi peningkatan ekonomi dengan lebih mengedepankan jiwa wirausaha guna bersaing secara kompetitif di pasar lokal, yang tentunya berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah.

Penyematan tanda peserta pelatihan
Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP MH mengatakan pelatihan yang dilaksanakan ini untuk meningkatkan kemampuan manajerial bagi pengurus kopersi dan UMKM dalam pengembangan ekonomi sektor riil, meningkatkan koordinasi antar pelaku ekonomi,.

“Sehingga memiliki komitmen yang sama dalam membangun ekonomi kampung sektor perkebunan dan peternakan, serta memiliki akses pasar potensial dalam meningkatkan produktivitas potensi yang memiliki nilai ekonomis,” ungkapnya dalam sambutan yang dibacakan Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Papua, Drs. Elia Loupatty, saat membuka kegiatan pelatihan perkoperasian bagi pengurus koperasi di bidang perkebunan dan kewirausahaan bagi UMKM di Bidang Peternakan se Provinsi Papua, Senin (24/11).

Lebih lanjut, dikatakan Gubernur,  apabila mencermati kembali potensi sumber daya di daerah banyak yang dapat dimanfaatkan, sehingga akan memperoleh nilai tambah bagi pendapatan ekonomi rumah tangga, keluarga dan kelompok yang pada gilirannya kesejahteraan keluarga dapat terwujud dan pembangunan ekonomi di kampung dapat tercapai.

“Diharapkan, orang Papua bisa berhasil secara ekonomi, sehingga secara umum akan berdampak pada peningkatan kualitas dan kemampuan sektor pendidikan, kesehatan dan pengembangan infrastruktur di waktu mendatang,” jelasnya.

Terkait dengan korelasi pertumbuhan sektor riil seperti perkebunan dan peternakan tentunya sesuai dengan kebijakan Pemprov Papua diera kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe dan Klemen Tinal dalam rangka operasionalnya melalui road chap sektor ekonomi dengan sasaran rakyat Papua yang ada di kampung-kampung.

“Pada dasarnya Pemerintah tetap berkomitmen untuk menumbuh kembangkan ekonomi rakyat Papua melalui Koperasi, akan tetapi SKPD teknis, Dekopinwil Papua, Gerakan Kopersi dan Dunia usaha harus bergandengan tangan dan sinergi dalam menggeluti persoalan ekonomi yang dihadapi rakyat Papua saat ini menuju Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera,” tandasnya.

Gubernur juga minta kepada instansi teknis seperti Perkebunan dan Peternakan dapat melakukan pendampingan teknis kepada koperasi dan UMKM untuk berkembang sesuai sektor sehingga usahanya semakin sukses.

(Piet)
Share it:

PAPUA

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi