News Ticker

PPLP Gelar Lomba Peduli Lingkungan Peduli Sanitasi Tingkat SD

Sekolah di tuntut untuk peduli terhadap sanitasi di lingkungan sekolah baik itu di dalam kelas maupun di halaman sekolah. Para guru, penjaga sekolah, orang tua murid serta siswa/i juga di tuntut untuk memelihara kebersihan di sekitar sekolah sebagai tempat menimba ilmu.
Share it:
Dewan Juri Saat Berada Di SD Kristen Dobo,
Kabupaten Kepulauan Aru
Ambon,
Sekolah di tuntut untuk peduli terhadap sanitasi di lingkungan sekolah baik itu di dalam kelas maupun di halaman sekolah. Para guru, penjaga sekolah, orang tua murid serta siswa/i juga di tuntut untuk memelihara kebersihan di sekitar sekolah sebagai tempat menimba ilmu.

Selain itu juga, para guru di minta untuk selalu mengampanyekan kepedulian anak terhadap sanitasi, bahkan diajarkan juga untuk membuang sampah serta dipilah-pilah agar sisa-sisa sampah tersebut dapat di manfaatkan seperti botol aqua, atau sisa makanan sehingga menjadi satu kreasi yang berguna.

Terkait dengan hal tersebut, maka Satuan Kerja Pengembangan Pengelolaan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP) Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku menggelar kegiatan Lomba Lingkungan Peduli Sanitasi Tingkat Sekolah Dasar yang di laksanakan selama 3 bulan sementara untuk penilaian dilakukan Dewan Juri dalam dua tahap.

Lomba yang bertujuan melatih siswa dan para guru untuk peduli terhadap kebersihan di dalam kelas dan lingkungan di halaman sekolah serta partisipasi untuk menjaga dan mempertahankan kebersihan di sekolah ini melibatkan dewan juri dari berbagai lintas sektor diantaranya Dinkes Promal, jurnalis, dan Bapedalda Promal. Juri inilah yang akan menilai secara dekat dan detail sejauh mana sekolah peduli terhadap lingkungan.

Saat ini, penilaian dewan juri telah memasuki 4 kabupaten yaitu Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku Tenggara Barat, Maluku Tenggara serta Kota Ambon dan Kota Tual.

Sekolah yang dinilai tersebut adalah sekolah yang di rekomendasikan oleh dinas kabupaten/kota.

Kepala Satker PPLP Dinas PU Promal, Muhijaty Tuanaya, ST, MT Jumat (26/9) kepada Dhara pos.com di ruang kerjanya mengungkapkan  Lomba Lingkungan Peduli Sanitasi Tingkat Sekolah Dasar tahun 2014 ini telah di anggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Sasaran sekolah disini adalah untuk tingkat sekolah dasar karena siswa SD sebagai generasi yang
masih murni sehingga diperlukan satu perubahan yang di mulai dari anak-anak,” ungkapnya.

Selain itu, diakui Tuanaya, standar untuk tingkat SMP atau SMA sangat tidak maksimal sehingga diupayakan dari sekolah dasar agar mereka tahu bahwa lingkungan di sekitar mereka harus bersih. Karena hal ini sangat mempengaruhi kesehatan dan juga tingkat pendidikan.

“Kita berharap agar para siswa di tingkat SD ini akan memahami secara benar tentang sanitasi lingkungan sebelum pindah ke sekolah lanjutan tingkat pertama (SMP) sehingga kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sudah mulai dibina sejak  tingkat SD,” harapnya. (dp-25)
Share it:

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi