News Ticker

Bupati Sampaikan LKPJ TA 2013 Pada Sidang Paripurna DPRD Buru

Bupati Buru, Ir, Ramly Umasugi, S.Pi, MM, telah menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) untuk tahun Anggaran 2013 dalam Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Buru yang berlangsung, Senin (31/6).
Share it:
Namlea,
Bupati Buru, Ir, Ramly Umasugi, S.Pi, MM, telah menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) untuk tahun Anggaran 2013 dalam Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Buru yang berlangsung, Senin (31/6).
Sidang Paripurna DPRD Buru

Dalam LKPJ tersebut, Bupati melaporkan bahwa dalam tahun Anggaran 2013  merupakan representasi dari seluruh rangkaian kegiatan Pemerintah Daerah pada masa kepemimpinan dirinya sebagai Bupati Kabupaten Buru dalam kurun waktu 5 tahun.

LKPJ 2013 ini merupakan tahun ke dua dari implementasi RPJMD tahun 2012-2017 yang ditetapkan dengan Peraturan Daerah Kabupaten Buru nomor 01 tahun 2012,” jelasnya.

Hal ini, jelas Bupati, sesuai dengan visi Kabupaten Buru yang maju menuju masyarakat Bupolo yang mandiri, sejahtera, demokrasi dan berkeadilan, serta dengan misi pembangunan yang dicapai yakni upaya meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi (Pro Growth), Perluasan kesempatan kerja (Pro Job), dan Penurunan Kemiskinan (Pro Poor) dengan tetap memperhatikan kelestarian dan daya dukung lingkungan (Pro Environmenth).

Kesemuanya ditargetkan sesuai dengan kebijakan pembangunan yang di maksud dan akan dituangkan dalam kegiatan yang di  susun berdasarkan Keadilan Transparansi (Keterbukaan), Akuntabilitas (Pertanggungjawaban), Efisien dan Efektifitas serta Disiplin Anggaran.

Selain itu, Bupati juga  memaparkan anggaran tahun 2013 Kabupaten Buru sebagai berikut: Pada tahun anggaran 2013, Pendapatan Daerah di targetkan Sebesar RP. 510,01 Milyar dengan realisasi anggaran sebesar RP. 485,57 Milyar atau 95,20  Persen.

Sedangkan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) di anggarkan RP.22,09 Milyar  dengan realisasi anggaran RP.10,83 Milyar atau 49,04 Persen, Pendapatan Transfer Daerah RP.487,25 Milyar dengan realisasi anggaran sebesar RP.470,15 Milyar atau  96,49 Persen, Pendapatan Daerah yang sah di anggarkan sebesar RP.674 Juta dengan realisasi anggaran sebesar 4,56 Milyar atau 677,61 Persen.

Bupati juga mengatakan bahwa pada sisa Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di tetapkan sebesar RP.548,66 Milyar dengan realisasi anggaran sebesar RP.494,89 Milyar atau 90,20 Persen, Belanja Operasional sebesar RP.414,10 Milyar, Belanja Modal sebesar RP.129,56 Milyar dan Belanja Tak Terduga sebesar RP. 5 Milyar.

Sementara itu, Total Realisasi Penerimaan Daerah tidak mencapai target sebesar 48,27 Persen. Sedangkan, Pembiayaan Pengeluaran Daerah realisasinya mencapai RP.1,75 Milyar atau 81,42 Persen. 
Maka, Sisa Lebih  Perhitungan tahun anggaran sebelumnya (SILPA) tahun aanggaran 2013 adalah sebesar RP. 10,01 Milyar.

Setelah membacakan gambaran kinerja Keuangan Daerah, lebih lanjut Bupati dalam pidatonya, menegaskan bahwa Laporan Pertanggungjawaban Anggaran akan disampaikan secara terpisah dalam bentuk RANPERDA  setelah di audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Sehingga untuk pencapaian misi demi terwujutnya masyrakat Bupolo yang demokrati, tentram, aman, dan tertib yang pada hakekatnya dapat terwujud di berbagai Leading Sector,” lanjutnya.

Selain itu, untuk mempercepat peningkatan pertumbuhan ekonomi maka Pemkab Buru akan mendorong penguatan keunggulan berdaya saing melalui Peningkatan Investasi, Penguasaan Iptek, Penguatan Kapasitas dan Ketrampilan Masyrakat serta Pengembangan Klaster Industri Berbasis Komoditas Unggulan Pertanian, Perikanan , dan Perkebunan. (Rf)    
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi