Jelang Pilkada 2018, awak media diminta junjung profesionalisme

Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Provinsi Maluku, media massa diharapkan menjunjung tinggi profesionalisme kerja.
Share it:
Foto bersama usai Rakor Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 di Provinsi Maluku,
bertempat di Lantai 7 Kantor Gubernur setempat, di Ambon, Senin (4/6/2018)
Ambon, Dharapos.com
Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Provinsi Maluku, media massa diharapkan menjunjung tinggi profesionalisme kerja.

Mengingat saat ini, suhu politik di Maluku sedang meningkat dan cenderung rentan terhadap berita sensitif.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua saat Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 di Provinsi Maluku, bertempat di Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, di Ambon, Senin (4/6/2018).

Dia kembali mengingatkan salah satu hal penting lainnya dalam mengawal pelaksanaan Pilkada, yang berkualitas adalah pemberitaan media massa.

Itu sebabnya Sahuburua berharap kepada awak media untuk tetap menjunjung tinggi profesionalisme kerja.

“Sajikanlah informasi yang benar, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Perhatikanlah selalu konstruksi masyarakat kita yang sementara mengalami peningkatan suhu politik, dan cenderung rentan terhadap berita-berita sensitif,” imbuh Sahuburua.

Dirinya mengakui sangat memahami kinerja pekerja media massa yang harus mendapatkan berita terkini, dan memiliki nilai jual tinggi.

Namun demikian, etika jurnalistik harus dijunjung tinggi dalam menyampaikan pemberitaan yang berkeadilan dan kebenaran.

“Saya sangat memahami bahwa ukuran kinerja saudara-saudara adalah mendapatkan berita yang update, memiliki trend dan nilai jual tinggi. Tetapi mesti juga diingat bahwa saudara-saudara terkait pada etika-etika jurnalistik, yang menjaga marwah profesionalitas seorang wartawan dalam menyampaikan pemberitaan yang beretika dan menjunjung tinggi keadilan dan kebenaran,” tuturnya.

Rakor dihadiri Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, Kapolda Maluku Irjen Pol. Andap Budhi Revianto, Kajati Maluku Triyono Haryanto, Danlantamal IX Ambon Laksamana
Pertama TNI Antongan Simatupang, Danlanud Pattimura Ambon Kolonel PNB Antariksa Anondo, Ketua KPU Maluku Syamsul R. Kubangun, Ketua Bawaslu Maluku Elly Abdullah serta Sekretaris Daerah Maluku Hamin Bin Thahir.

(dp-19)
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi