News Ticker

Pendaftaran Ditutup Hari Ini, Polri Tegaskan Penerimaan Gratis

Masa penerimaan brigadir polisi lelaki dan brigadir polisi wanita (Polwan) untuk tahun anggaran 2014 yang dibuka sejak Rabu (26/3) lalu akhirnya resmi ditutup hari ini. Ribuan calon polisi telah mendaftar di seluruh Indonesia.
Share it:
Penerimaan Bintara Polri 2014 
Jakarta, 
Masa penerimaan brigadir polisi lelaki dan brigadir polisi wanita (Polwan) untuk tahun anggaran 2014 yang dibuka sejak Rabu (26/3) lalu akhirnya resmi ditutup hari ini. Ribuan calon polisi telah mendaftar di seluruh Indonesia.

"Saya belum up-date posisi terakhir berapa banyak yang sudah mendaftar karena angkanya terus naik setiap saat. Posisi terakhir untuk calon Polwan sudah sekitar 20.000 yang mendaftar," kata Asisten SDM Polri Irjen Hari Kuncoro Mustafa, di Jakarta, Sabtu (19/4) seperti yang dilansir dari Beritasatu.com.

Jenderal bintang dua ini kembali menegaskan, untuk keseluruhan proses mulai pendaftaran, penerimaan, dan pendidikan adalah bebas biaya alias gratis. "Sekali lagi, sistem sudah terus kami perbaiki untuk mencegah adanya calo-calo dan oknum yang mengaku bisa meluluskan seorang calon. Karena itu, kalau tetap saja ada, silakan lapor ke kami," tambahnya.

Untuk keperluan itu, masih kata Hari, pihaknya akan mengumpulkan para Karo SDM di seluruh Indonesia di Mabes Polri pada Selasa (22/4) besok.

"Kita ingin tekankan pada para Karo SDM untuk tidak main-main. Polisi ingin bersih dan terus berbenah sejak dari awal penerimaan para polisi baru itu," tambahnya.

Kapolri Jenderal Sutarman yang dihubungi secara terpisah menambahkan jika masih ada calo dan oknum, maka mereka itu melakukan permainan "menembak di atas kuda".

"Maksudnya calo dan oknum itu untung-untungan. Jadi para calon sudah dimintai uang lebih dulu dan dijanjikan bisa lulus atau, jika tidak lulus, maka uang dikembalikan. Padahal, kalau lulus, itu pasti karena kemampuan si calon bukan karena uangnya, tetapi si calon sudah terlanjur berpikir dia lulus karena uangnya," tegas Kapolri.

Untuk diketahui, tahun ini Polri membuka lowongan untuk 10.750 brigadir polisi lelaki dan 7.000 brigadir Polwan. Baru tahun ini Polri merekrut ribuan brigadir Polwan.

Para Polwan itu nantinya akan dididik di sejumlah tempat yakni Sepolwan Ciputat sebanyak 600 orang, Pusdik Bimmas Polri di Ambarawa, Kabupaten Semarang sebanyak 400 orang, dan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Metro Jaya di Lido 1000 orang.

Lainnya adalah SPN Polda Jabar di Lembang 1000 orang, SPN Polda Jateng di Purwokerto 1000 orang, SPN Polda Jatim di Mojokerto 1000 orang, Pusdik Gassum di Watukosek, Porong, Jawa Timur sebanyak 1100 orang, dan SPN Polda Bali di Singaraja sebanyak 900 orang.

Beberapa syarat untuk pedidikan brigadir yang akan ditempuh selama 7 bulan itu, di antaranya, adalah berijazah serendah-rendahnya SMA, umur pada saat pembukaan pendidikan (Juni 2014) minimal 17 tahun 5 bulan dan maksimal 22 tahun, belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan ditambah 2 tahun setelah lulus.

Sumber : Beritasatu.com
Share it:

Nasional

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi