News Ticker

5 Prajurit Gagalkan Pengiriman Senpi ke KKB Papua, Pangdam Pattimura Beri Penghargaan

Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI. Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M memberikan piagam penghargaan kepada 5 prajurit TNI yang berhasil menggagalkan pengi
Share it:


Ambon, Dharapos.com
- Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI. Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M memberikan piagam penghargaan kepada 5 prajurit TNI yang berhasil menggagalkan pengiriman senjata api (senpi) dan amunisi kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Penghargaan ini diberikan Pangdam usai melaksanakan upacara peringatan HUT TNI ke 77 di lapangan apel Lantamal IX Ambon, Rabu (5/10/2022).

Sebelum itu, Pangdam dalam sambutannya menjelaskan arti dari tema yang terkandung dalam HUT TNI tersebut, yakni "TNI ITU KITA".

"Tema ini mengandung makna bahwa TNI berasal dari rakyat, berjuang bersama rakyat dan demi kepentingan rakyat," jelasnya.

Dikatakan, TNI lahir dari rakyat untuk memperjuangkan kedaulatan rakyat.

Karena itu, Pangdam meminta para prajurit untuk mengkokohkan jati dirinya sebagai TNI.

"Kokohkan jati diri sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional," ucapnya.

Lanjutnya, TNI tanpa dukungan rakyat tidak akan memiliki kekuatan yang berarti seperti dua sisi mata uang yang menjadi satu dan tidak terpisahkan.

Maka dari itu, kebersamaan merupakan kunci kekuatan, karena itu TNI akan terus berada serta terdepan membantu kesulitan rakyat sekelilingnya sampai kapanpun.

"Kami menyadari bahwa dalam melaksanakan tugas TNI selama ini masih terdapat kekurangan dan keterbatasan serta kinerja yang belum dapat memuaskan semua pihak. Untuk itu saya selaku Pangdam XVI/Pattimura mewakili unsur TNI di wilayah Maluku memohon maaf yang sebesar -besarnya kepada rakyat, dan berjanji akan terus berupaya melakukan perubahan serta perbaikan kinerja untuk TNI yang sakin kuat dan dicintai rakyat," jelasnya.

Mengakhiri sambutannya, Pangdam memberikan apresiasi serta piagam penghargaan kepada beberapa prajurit yang berhasil menggagalkan pengiriman senjata api serta amunisi  kepada KKB di Papua.

"Ada beberapa prajurit yang berhasil menggagalkan pengiriman senjata tersebut yakni, Letkol Infanteri Adi Suastika, Letda Arhanu Kevin, Letda Infanteri Saiful, Lettu Infanteri Joseph Rahawarin, dan Kopda Efendi Marasabessy," pungkasnya.

Untuk diketahui, kelima prajurit TNI ini langsung diberikan piagam penghargaan oleh Pangdam Pattimura.

(dp-53)

Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi