News Ticker

Satu Orang Meninggal dalam Laka Laut di Peraiaran Pulau Pombo, 6 Luka-luka

Satu orang meninggal dan enam orang lainnya mengalami luka-luka akibat iniden kecelakaan (Laka) laut di perairan pulau Pombo, Pulau Ambon, Maluku, Sen
Share it:

Ilustrasi / Foto : Istimewa

Ambon, Dharapos.com
- Satu orang meninggal dan enam orang lainnya mengalami luka-luka akibat iniden kecelakaan (Laka) laut di perairan pulau Pombo, Pulau Ambon, Maluku, Senin (20/12/2021) pukul 08.30 waktu setempat.

Sedek Sosal (60) warga Desa Latu dilaporkan meninggal dunia, sedangkan 6 orang luka-luka atas nama Yofantata Hehanussa (36) Stain, Wa Adia (39) Stain, Cai Pattimura (65) Desa Latu, Amin Patty (48) Desa Latu, Rusda Patimura (50) Desa Latu, dan Gasim Patty (54) Desa Latu.

Ke 6 warga tersebut sementara menjalani perawatan di RSUD Ishak Umarella, Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, salah satu penumpang Speed Inarisza Clara Putirulan (17), mengatakan sekitar pukul 07.00 WIT speed yang di nahkoadai Fery Sapteno (43) bertolak dari Pelabuhan Kamarian dengan mengangkut penumpang kurang lebih 100 orang ditamba 3 buah unit motor, barang penumpang dan akan menuju Desa Tulehu.

Speed Inarissa dalam perjalanan dari Desa Kamarian menuju Desa Tulehu dan sekitar Pukul 08.20 wit, mendekat Pulau Pombo dan mendapati cuaca yang kurang baik berupa ombak.

Sekitar pukul 08.30 wit, Speed INARISSA mengalami oleng di karenakan gelombang yang mengakibatkan speed oleng ke kiri dan penumpang panik, akibat kepanikan penumpang yang mengakibatkan speed miring ke kiri sehingga penumpang yang duduk di atas speed langsung melompat ke laut.

Menurutnya, pada saat setelah terjadi speed oleng ke kiri para penumpang yang di dalam speed langsung keluar melompat kelaut dan berusaha berenang menyelamatkan diri menunju P. Pombo yang tidak jauh dari TKP, setelah speed kembali normal kemudian Nahkoda dan beberapa ABK langsung menarik speed menuju Pulau Pombo.

Pukul 08.40 WIT, tak lama kemudian Speed milik warga Kailolo sebanyak 15 buah melakukan evakuasi penumpang dari Pulau Pombo menuju pangkalan speed kailolo Desa Tulehu,

Sementara Nahkoda Fery Sapteno, menjelaskan bahwa Speed bertolak dari Pelabuhan Kamarian sekitar Pukul 07.00 WIT dan akan menuju Desa Tulehu, pada saat mendekati Pulau Pombo kemudian kami mendapati cuaca yang kurang baik berupa ombak disertai sedikit angin, sehingga seketika speed kami miring ke kiri dan penumpang yang di dalam speed panik mengakibatkan speed kami miring ke kiri.

Dari peristiwa kecelakaan laut tersebut, korban meninggal dunia Sedek Sosal, telah di ambil oleh pihak keluarga untuk di bawah pulang ke kampung halaman di Desa Latu Kecmatan Amalatu Kabupaten SBB, dengan diantar menggunakan mobil ambulance milik RS. Ishak Umarella.

Sementara 6 orang yang di rawat di RS. Ishak Umarella, hanya tersisa satu orang pasien yang saat ini masih di rawat, dikarenakan mengalami Hiportemi (lemas, kedinginan didalam air)

Sedangkan Nahkoda Kapal bersama beberapa ABK telah di mintai keterangan saat ini oleh Dit Polairud Polda Maluku.

(dp-20)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi