News Ticker

Ini Program Kerja TPID Maluku Jaga Inflasi di November 2021

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Maluku telah melakukan beberapa program dalam rangka menjaga inflasi sekaligus upaya peningkatan perekon
Share it:

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku Noviarsano Manullang / Foto : Istimewa

Ambon, Dharapos.com
- Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Maluku telah melakukan beberapa program dalam rangka menjaga inflasi sekaligus upaya peningkatan perekonomian dalam bulan November 2021.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Noviarsano Manullang dalam press releasenya yang diterima media ini, Kamis (2/12/2021).

Beberapa program kerja tersebut antara lain,

1.     HLM TPID Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) pada awal November 2021 dipimpin langsung oleh Bupati setempat membahas mengenai upaya pengendalian harga dan stok antra- intra wilayah di daerah itu serta penjajakan potensi KAD SBT dengan beberapa kabupaten/kota di provinsi Papua Barat dan Sulawesi Utara.

2.     HLM TPID Kabupaten Maluku Tenggara yang dipimpin langsung oleh Bupati M. Thaher Hanubun guna mengupdate program pengendalian sekaligus meluncurkan aplikasi pemantauan stok dan harga bahan pokok berbasis digital.

3.     Monitoring pasokan bahan pokok hingga akhir November terpantau mengalami penurunan stok pada enam dari dua belas bahan pokok di tingkat distributor apabila dalam bandingkan dengan bulan Oktober tahun ini. Adapun komoditas bahan pokok yang mengalami penurunan stok yang signifikan adalah minyak goreng.

Selain itu ,inflasi didaerah ini tercatat 1,06 persen ( month to month / mtm ). pada bulan November 2021 meningkat dibandingkan dengan inflasi yang terjadi pada bulan Oktober lalu s besar 0,19 ( mtm).

Kantor perwakilan bank Indonesia Maluku tetap berkomitmen menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah daerah ,baik itu di tingkat provinsi maupun kabupaten / kota guna mengendalikan inflasi 2021 ini guna mengendalikan inflasi tahun ini sesuai kisaran target yaitu sebesar 3,0 +_1%yoy ( year on year ).

Pengendali inflasi di Maluku dilakukan melalui strategi kebijakan 4K yakni, ketejangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi  keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan kelancaran distribusi dan komunikasi efektif.

(dp-19)

Share it:

Ekonomi dan Bisnis

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi