Lanal Aru Gelar Apel Khusus Peringati HUT TNI AL ke 76

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AL ke 76, yang jatuh setiap 10 September, Pangkalan TNI AL (Lanal) Aru menggelar apel khusus Praj
Share it:

HUT TNI AL ke 76 diperingati Lanal Aru dengan menggelar apel khusus Prajurit beserta PNS di Dusun Belakang Wamar, Kecamatan Pulau - pulau Aru, Jumat (10/9/2021)

Dobo, Dharapos.com
- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AL ke 76, yang jatuh setiap 10 September, Pangkalan TNI AL (Lanal) Aru menggelar apel khusus Prajurit beserta PNS di Dusun Belakang Wamar, Kecamatan Pulau - pulau Aru, Jumat (10/9/2021).

Pantauan media ini, apel khusus tersebut dipimpin langsung oleh Komandan TNI AL (DanLanal) Aru, Letkol Laut (P) Choirul Roziqin M. Tr.Hanla, M.M, yang mengangkat Tema: “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh"*

Bertindak selaku komandan apel, Dandenpomal Kapten Laut ( PM) Teguh Wasono, sementara Letda Laut (S) Ruji Arifin bertindak selaku perwira apel khusus tersebut.

Danlanal Aru saat membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M. intinya menegaskan bahwa, peringatan HUT ke 76 pada setiap 10 September ini merupakan sebuah penghayatan akan perjalanan panjang sejarah pengabdian TNI AL kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Nah, kendati di 2021 ini, kita masih dalam suasana pandemi Covid-19, namun Jjwa dan semangat kita sebagai prajurit Jalasena tetap berkobar penuh keyakinan diri menyongsong masa depan yang jauh lebih baik. Untuk itu, marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu Wa Ta’ala, karena hanya atas limpahan Rahmat Dan Karunia-Nya, hari Ini kita masih diberikan kesempatan untuk dapat memperingati Hari Jadi Ke–76 TNI Angkatan Laut dengan sederhana namun penuh hikmat baik secara langsung di Lapangan Apel Denma Mabesal Maupun Di Kotama/Satker Di Seluruh Jajaran TNI Angkatan Laut dimanapun berada dan bertugas sebagai bagian dari komponen utama pertahanan negara," ucap Danlanal Aru saat membacakan amanat KSAL.

Ditegas KSAL, peringatan Hari Jadi ke 76 TNI AL tahun ini mengangkat tema: “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

“Oleh sebab itu, mencermati situasi yang berkembang di tingkat global, regional dan nasional, kita harus menyadari bahwa, ketahanan kita sebagai Bangsa Indonesia sedang diuji isu-isu global yang mengemuka seperti perebutan sumber daya alam, kelangkaan energi dan sumber daya alam, perubahan iklim, dan kesenjangan ekonomi antar negara serta kebangkitan Taliban di Afganistan dapat menjadi pemicu menimbulkan kerawanan pertahanan dan keamanan di Indonesia,” bebernya.

Foto bersama

KSAL menegaskan setiap risiko dan tantangan yang dihadapi harus dengan tetap bersemangat dan penuh ketabahan.

“Bahkan sebagian dari para prajurit patriot sejati telah gugur dan mendahului kita dalam melaksanakan tugas. Kiranya akan selalu kita kenang dan menjadi pengingat bagi kita semua untuk meneruskan perjuangan prajurit Jalasena yang gagah berani dan Tangguh,” tandasnya.

Ketangguhan seperti inilah yang akan menjadi kunci utama bagi seluruh elemen bangsa, untuk mampu bangkit kembali setelah pandemi.

“Yaitu sebagai bangsa yang kuat dan terus bertumbuh menuju Indonesia maju," tegasnya.

Lebih lanjut, KSAL menekankan beberapa hal untuk dipedomani dalam melaksanakan tugas, sebagai berikut:

Pertama, perteguh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan yang utama pengabdian kita kepada TNI Angkatan Laut, TNI, bangsa dan negara.

Kedua, Pegang teguh sapta marga, sumpah prajurit, delapan wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut nafas hidup prajurit Jalasena berjiwa patriot.

Ketiga, tingkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan satuan di jajaran Armada, Pasukan Marinir, Wing Udara dan pangkalan untuk setiap saat dikerahkan melaksanakan tugas-tugas negara.

Keempat, Perjuangkan kejayaan TNI Angkatan Laut dengan tekad yang vulat, semangat dan kegigihan dalam melaksanakan setiap tugas.

(dp-31)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi