Sumpah Adat Kukuhkan Reyaan Jadi Kepala Soa Lairngangas

Silvius Reyaan S.Sos, M.Si dikukuhkan sebagai Kepala Soa Lairngangas.
Share it:

Prosesi adat pengukuhan Silvius Reyaan sebagai Kepala Soa Lairngangas

Langgur, Dharapos.com
- Silvius Reyaan S.Sos, M.Si dikukuhkan sebagai Kepala Soa Lairngangas.

Setelah melewati beberapa tahapan proses, akhirnya prosesi pengukuhan berlangsung di Woma Elvalken Namar pada Sabtu (11/9/2021).

Prosesi sumpah adat dilakukan oleh Rat Manyeuw dan Orang Kay Namar didampingi Soa Ohoiwutun.

Diawali perarakan Kepala Soa keluar dari mata rumah Ohoiwutun yang diantar langsung oleh marga Ohoiwutun diiringi tipa dan tarian khas Kei menuju ke pusat Woma Ohoi Namar sebagai tempat pengukuhan.

Setelah diterima kepala dan staf perangkat Ohoi Namar, Silvius dipersilakan oleh Orang Kay Namar untuk memasuki pusat Woma Ohoi Namar.

Sebelum dikukuhkan, dilakukan penyerahan rekomendasi dari Rat Manyeuw (Raja Manyeuw, red) kepada Calon Soa Lairngangas dilanjutkan dengan rekomendasi dari Orang Kay Namar sekaligus penyerahan mas adat dari Soa Ohoiwutun kepada kepala Orang Kay Namar untuk seterusnya kepada Calon Soa Lairngangas.

Selanjutnya, Rat Manyeuw didampingi oleh tim adat Ratshap memberikan sumpah adat sekaligus acara pengukuhan yang ditandai dengan penumpangan tangan diatas Kepala Soa Lairngangas oleh Orang Kay Namar dan Soa Ohoiwutun.

Foto bersama

Pengukuhan juga diiringi doa adat oleh Mituduan (pembawa doa adat) dan  doa keagamaan dari Pastor Paroki Namar RD. Jemris Rangkoly.

Setelah pengukuhan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengukuhan oleh rat Manyeuw, pejabat Kepala Ohoi Lairngangas, Soa Ohoiwutun, Kepala marga Reyaan, Camat Manyeuw, dan Orang Kay Namar (Kepala Ohoi) Namar.

Di momen yang sama juga diserahkan berkas calon Kepala Ohoi Lairngangas kepada Ketua BSO Namar untuk diteruskan dan diterima langsung Camat Manyeuw.

Camat nantinya akan melanjutkan berkas calon tersebut kepada Bupati Malra M. Thaher Hanubun untuk dilantik secara Pemerintahan.

Terpantau, turut hadir pimpinan OPD terkait anggota DPRD Malra, Camat, para kepala Ohoi se-Kecamatan Manyeuw, Dosen STIS Tual dan tamu undangan lainnya.

Pengukuhan tersebut berjalan dengan damai dan sejuk dalam bingkai kekeluargaan adat Kei yang kental tanpah perselisihan.

(dp-52)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi