News Ticker

Pilkades di Wertamrian Berjalan Aman dan Lancar

Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada lima desa di kecamatan Wertamrian seperti desa Tumbur, Amdasa, Sangliat Dol, Sangliat Krawa
Share it:

Proses penghitungan suara pada pelaksanaan Pilkades Tumbur 2021, Senin (1/3/2021)
Saumlaki, Dharapos.com - Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada lima desa di kecamatan Wertamrian seperti desa Tumbur, Amdasa, Sangliat Dol, Sangliat Krawain dan di desa Arui Bab, Senin (1/3/2021) berjalan aman dan lancar.

Camat Wertamrian Eduard Utukaman menyatakan sesuai pantauan, masyarakat antusias ke sejumlah TPS dan menyalurkan hak pilihnya.

"Tidak ada hal yang menonjol, karena sebelumnya melalui proses penjaringan di soa sampai pada penetapan calon kepala desa, hingga pendistribusian surat suara. Sampai pada pelaksanaan Pemilihan kepala desa dilakukan secara berbuka, transparan dan demokratis" kata Utukaman di Tumbur, Senin (1/3/2021).

Kendati terpantau aman dan lancar, Utukaman mengakui ada riak-riak warga yang nyaris memicu terjadinya gesekan, namun berhasil diamankan oleh aparat kepolisian.

"Hal-hal yang terkait dengan sikap masyarakat dapat kita maklumi bersama namun secara keseluruhan saya menjamin bahwa seluruh tahapan pilkades di lima desa ini berjalan dengan aman, lancar dan tertib," tandasnya.

Penjabat Kepala Desa Tumbur, Agustinus Wens Ohoitimur mengaku bersyukur karena pelaksanaan Pilkades serentak di wilayahnya berjalan dengan aman dan lancar pasca konsolidasi dan koordinasi dengan semua pihak di desa termasuk Camat dan Kapolsek Wertamrian.

Ohoitimur menyatakan pula bahwa pihaknya telah bekerja maksimal dan transparan sehingga dipastikan tidak ada kecurangan dalam pelaksanaannya.

"Karena desa Tumbur ini adalah zona merah maka kami telah melakukan langkah-langkah antisipatif berdasarakan data dari Polsek Wertamrian. Kami melakukan penertiban terhadap minuman keras menjelang dan sesudah pemilihan berlangsung," bebernya.

Mantan Kepala Bidang SD di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Tanimbar ini mempersilahkan para pihak yang merasa dirugikan untuk mengajukan keberatan dan akan diproses sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Berdasarkan data yang diperoleh, Pilkades di lima desa itu menghasilkan kades terpilih yakni Rafael Folatfindu (Tumbur), Bonefasius Batmyanik (Amdasa), Kornelis Sorlury (Sangliat Dol), Basilius Batfian (Sangliat Krawain) dan Ivo Sanamase (Arui Bab).

(dp-47)

Share it:

Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi